Analisa Ontologi dan Epistemologi Hadis Perspektif Ibn Taimiyah

  • Ahmad Fageh

Abstract

Beragamnya pendapat ulama dalam menyikapi hadis-hadis Nabi terkait klasifikasi hadis mutawatir-ahad, menyebabkan terjadinya perbedaan ijtihadiyah dalam memahami isi atau kandungan hadis sehingga terjadi penegasian pengamalan antara satu hadis dengan hadis lainnya; baik itu oleh ahli kalam, ahli sufi dan ahli hadis sendiri. Akar perbedaan itu bila ditelusuri berpangkal pada perbedaan paradigma masing-masing ulama terhadap hadis. Dari fenomena di atas penulis berupaya mengkaji Pemikiran Hadis Ibn Taimiyah dalam menyikapi problemalitas keragaman pemahaman hadis dari aspek ontologis dan epistemplogis. Berangkat dari sini maka pokok masalah yang menjadi pembahasan utama adalah, bagaimana pandangan ontologis-epistemologis Ibn Taimiyah terhadap kedudukan hadis, juga signifikansi dan orisinalitas pemikirannya terhadap studi hadis. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-analisisreflektif, yaitu memaparkan secara komprehensif mengenai pemikiran Ibn Taimiyah dari data yang ada, kemudian dianalisis dan melahirkan pemahaman inklusif, baik aspek ontologis, aspek epistemologis. Selain itu hasil penelitian ini mengidentifikasi perbedaan pemahaman hadis antara beberapa ulama, membuka wacana baru tentang bagaimana cara membaca atas redaksi teks hadis, kemudian apa yang dianggap tidak maqbul dan tidak siap konsumsi atau pun sebaliknya, ternyata berstatus maqbul dan siap saji untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan serta patut untuk dikonsumsi atau diamalkan

References

Ashur, S.M., (1962), al-Mujtama’ al-Misri fi ‘Asri al-Salatin al-Mamali, Kairo, Dar alNahdhah al-‘Arabiyah
Asqalani al-, (t.t), Nuzhat al-Naz}ar Syarh} al-Nukhbah al-Fikr, Semarang, Maktabah al-Munawwar, t.t.
Awad, Mahmud, (1986), Para Pemberontak di Jalan Allah, terj. Alimin dan Raimond, cet. ke-2, Jakarta, Cendekia Centra Muslim
Albani, Muhammad Nashiruddin al-, (2002). Hadis sebagai Landasan Akidah dan Hukum, terj. Moh. Irfan Zein, cet. ke-1, Jakarta, Pustaka Azzam
______, Muhammad Nasir al-, (1986), al-Hadis Hujjatun bi Nafsihi fi al-‘Aqaid wa alAhkam, Kuwait’, Dar al-Salafiyah
Amien, Miska Muhammad, (2006), Epistemologi Islam, Jakarta, UI Press
Bagus, Loren, (2002), Kamus Filsafat, cet. ke-3, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Bahanasawi, Salim Ali al-, (2001), Rekayasa al-Sunnah, terj. Abdul Basith Junaidy, cet. ke-1, Yogyakarta, Ittaqa Press
Bakhtiar, Amsal, (2005). Filsafat Ilmu, Jakarta, PT. Raja Grafindo
Bakry, Hasbullah, (1992), Sistematika Filsafat, Jakarta, Widjaya
Barbour, Ian G. (2002),. Juru Bicara Tuhan’, Antara Sains dan Agama, Bandung, Mizan
Bertens, K., (2001),. Ringkasan Sejarah Filsafat, Yogyakarta, Kanisius
Broklenan (ed.), (1980). Carl, History of The Islamic Peoples, London, Routeledge & Kegen Paul,
Dardiri, A., (1986). Humaniora, Filsafat, dan Logika, Jakarta, Rajawali,
Edwards (ed.), Paul, (1972), The Encyclopedia of Philosophy, New York, Mac Milan Publishing Co.
El Fadl, Khaled Abu, (2003), Speaking in God’s Name, England’, Oneworld Publications.
Fajri, Rahmat, (1890), “Kajian Historis Pemikiran Teologi Ibn Taimiyah” dalam Esensia,
vol. 1, no. 2, Juli 2000. Farabi, al-, al-Samrah, al-Mardiyyah fi Ba’d alRisalah al-Farabiyyah, Leiden’, t.p.
Gazalba, Sidi, (1973), Sistematika Filsafat, Pengantar Kepada Teori Pengetahuan, Buku II, Jakarta, Bulan Bintang
Hadi, Muhammad ibn Ahmad ibn Abd al-, (t.t.), al-‘Uqud al-Durriyah min Manaqib Syaikh al-Islam ibn Taimiyah, Beirut, Dar al-Kutub al-Ilmiyah
Hamami M., Abbas, (1982). Epistemologi Bagian I Teori Pengetahuan, Yogyakarta, Fakultas Filsafat UGM
Hassan, A. Qadir, (1983), Ilmu Musthalah Hadis, Bandung, Diponegoro
Hourani, Albert, (1992). A History of The Arab People, New York’, A Time Warner Company
Hunnex, Milton D., (2004). Peta Filsafat, Pendekatan Kronologis dan Tematis, Bandung, Teraju
Husain, Abu Lubabah, (2003), Pemikiran Hadis Mu’tazilah, Jakarta, Pustaka Firdaus.
Ibrahim, Muhammad Nur, (t.t), Ilmu Mantiq, cet. ke-4, Surabaya, Maktabah Sa’ad Ibn Nasyir Nabhan.146
Ilyas (ed.), Yunahar, (1996), Pengembangan Pemikiran terhdap Hadis, cet. ke-1, Yogyakarta, LPPI UMY.
Iqbal, Muhammad, (1960). The Reconstruction of Religious Thought in Islam, Lahore’, Muhammad Ashraf
Islahi, Abdul Azim, Economic Conceps of Ibn Taimiyyah, London, The Islamic Foundation, 1988
Jamil, Tariq al-, “Ibn Taimiyya and Syi’i Polemics’, The Struggle for Traditionalist
Authority in The Medieval Islam”, dalam The Ibn Taimiyya and His Time, Princeton’, Princeton University, 8-12 April 2005
Jawziyyah, Ibn Qayyim al-, (1995), ‘Ilam al-Muwaqqi’in, Beirut, Dar Fikr.
Jindan, Khalid Ibrahim, (1994), The Islamic Theory of Government According to Ibn Taimiyah, terj. Mufid, Jakarta, Rineka Cipta
Kamal, Zainun, Kritik Ibn Taimiyah terhadap Logika Aristoteles, Disertasi Doktor, Fakultas Pasacasarjana IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. 2004
Kamali, Muhammad Hasyim, (1999), The Principles of Islamic Jurisprudence, Selangor, Dar al-Ehsan
Kartanegara, dkk., Mulyadi, (2003), Menyatukan Kembali Ilmu-ilmu Agama dan Umum, Yogyakarta, SUKA Press
________, Mulyadi, (2003), Pengantar Epistemologi Islam, Bandung, Mizan
Kasir, Ibn, (1992). Tafsir al-Qur’an al-Azim, Juz IV, cet. ke-1, Beirut, Maktabah alNur al-Ilmiyah,
Kattsoff, Louis O, (1953), Element of Philoshopy, New York’, The Roland Press Company
Khan, Qomaruddin, (1983). Pemikiran Politik Ibn Taimiyah, terj. Anas Mahyudin, Bandung, Pustaka.
Khatib, Muhammad Ajjaj al-, (1963), al-Sunnah Qabl al-Tadwi’n, Beirut, Dar al-Fikr
_______, Muhammad Ajjaj al-, (1989), Usul al-Hadis’, Ulumuhu wa Mustalahuhu,Beirut, Dar al-Fikr
Kramers (ed.), H.A.R. Gibb dan J.H., (1961). Shorter Encyclopedia of Islam, Jilid III, Leiden’, E.J. Brill.
Kuntowijoyo, (1997). Identitas Politik Ummat Islam, Bandung, Mizan
________, (2003). Metodologi Sejarah, Yogyakarta, Tiara Wacana.
Laoust, Henry, (1997). Nazarriyyat Syaikh al-Islam Ibn Taimiyah fi alSiyasiyah wa al-Ijtima’, cet. Ke-1, Cairo’, Dar al-Anshar.
_______, Harun, (1978), Teologi Islam, cet. ke-2, Jakarta, Universitas Indonesia,
Madjid, Nurcholis, “Kontroversi Sekitar Ketokohan Ibn Taimiyah” dalam KKA Paramadina, seri ke-81, tahun VII/1993.
_______, Nurcholis, Islam dan Doktrin Peradaban, Jakarta, Yayasan Waqaf
Paramadina, 1992Makari, Victor E., Ibn Taimiyyah’s Ethics’, The Social Factor, Chico-California’, Scholar Press, 1983.
Madkour, Ibrahim, (1995). Aliran dan Teori Filsafat Islam, cet. ke-1, terj. Yudian Wahyudi Asmin, Jakarta, Bumi Aksara.
Mahzar, Armahedi, (2004). Revolusi Integralisme Islam, Bandung, Mizan.
Mu’thi, A. Wahab, (1991), “Kritik Ibn Taimiyah terhadap Tasawuf”, Disertasi Doktor Pascasarjana IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Muhadjir, Noeng, (2001), Filsafat Ilmu, Positivisme, Post Positivisme dan Post Modernisme, Yogyakarta, Rake Sarasin.
Muhammad, Sa’ad Shadiq, (t.t), Ibn Taimiyyah Imam al-Sayf wa al-Qalam, KairoMesir’, al-Majlis al-A’la al-Syu’un al-Islamiyah,
Mutalib, Rif’at Fauzi Abd al-, (1981), Tausiq al-Sunnah fi Qarn al-Sani al-Hijri Asasuhu wa Ittijahuhu, Mesir, Maktabah Kharij.
Muthahhari, Murtadha, (2002), Pengantar Pemikiran Sadra’, Filsafat Hikmah, terj. Tim Penerjemah Mizan, Bandung, Mizan.
________, Murtadha, (2001). Mengenal Epistemologi, terj. M. Jawad Bafaqih, Bandung, Lentera Basritama.
________, Murtadha, (1994). Pandangan Dunia Tauhid, terj. Redaktur YBT, Bandung, Yayasan Muthahhari.
Muzairi, (2002). Eksistensialisme Jean Paul Sartre, Sumur Tanpa Dasar Kebebasan Manusia, Yogyakarta, Pustaka Pelajar,
Nadawi, Abu al-Hasan Ali al-, (1995), Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, terj. H. M. Qadirun Nur, Solo’, Pustaka Mantiq.
Nasution, Harun, (1992), Pembaharuan dalam Islam’, Sejarah Pemikirann dan Gerakan, Jakarta, Bulan Bintang.
Nihayah, M., (2002), Filsafat Ilmu dari Yunani Kuno sampai Modern, Makassar, Berkah Utami.
Oumid, Mas’oud, “Epistemologi Suhrawardi dan Allamah Tabataba’i, Sebuah Perbandingan”, Jurnal Al-Huda, Vol. III/No.09, tahun 2003.
Qardawi, Yusuf al-, (1993), al-Sah}wah al-Islamiyah wa Humum al-Wathan al-‘Arabi wa al-Islami, Beirut, Muassasah al-Risalah.
Qasimi, Muhammad Jamal al-Din al-, (1979). Qawaid al Tahdis min Funun Musthalahah al-Hadis, Beirut, Dar al- Kutub al-Ilmiyyah.
Raharjo, Dawam, (1990), “ilmu”, Ulumul Qur’an, Vol. 1, Januari-Maret, M/1410 H.
Rahman, Fazlur, (1982). Islam and Modernity, Chicago’, The University of Chicago Press,
_______, Fazlur, (1994). Memahami Islam, Bandung, Pustaka
Romdon, (1996), Ajaran Ontologi Aliran Kebatinan, Jakarta, Rajawali Press.
Rosenthal, Franz, (1997) Knowledge Triumphant’, The Concept of Knowledge in Medieval Islam, Leiden’, E.J Brill.
Runes (ed.), (1976) Dagobert D., Dictinary Philoshopy, Totowa New Jersey’, Little Adam & Co.
Saefuddin, dkk.,(1998) A.M., Desentralisasi Pemikiran’, Landasan Islamisasi, Bandung, Mizan.
Salim, Amru Abdul Mun’im, (2003) al-Albani dan Manhaj Salaf, cet. ke-1, terj. Ahmad Yuswaji, Jakarta, Najla Press.
Shalih, Muhammad Adib, (1399 H), Lamahat fi Ushul al-Hadis, t,k, al-Maktab al-Islami.
Shalih, Subhi al-, (2000) Membahas Ilmu-ilmu Hadi, Firdaus Jakarta, Pustaka Firdaus.
Shiddiqy, T.M. Hasbi ash-, (1980), Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis, Jakarta, Bulan Bintang,
Siba’i, Mustafa al-, (1975) al-Sunnah wa Makanatuha fi Tasyri’ al-Islami, Beirut, alMaktabah al-Islami,.
Sivan, Emmanuel, (1990) Radical Islam Medieval Theology and Modern, Yale, Yale University,.
Soemargono, Soejono, (1983) Filsafat Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta, Nur Cahaya.
Sunoto dkk., (1983) Pemikiran Tentang Kefilsafatan Indonesia, Yogyakarta, Andi Offset
Surachmad, Winarno, (1985), Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung, Tarsito.
Suraji, Muhammad, (2005), Menghidupkan Sunnah Nabi, Yogyakarta, Grafindo Litera Media.148
Surajiyo, (2005), Ilmu Filsafat Suatu Pengantar, Jakarta; PT. Bumi Aksara.
Suriasumantri, Jujun S., (1996) Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan.
Suryadi, Hamim Ilyas dan (ed.), (2002) Wacana Studi Hadis Kontemporer, Yogyakarta, Tiara Wacana.
Suyuti, Jalal al-Din al-, (1947) Shawn al-Manthiq li Kalam ‘an Fann al-Manthiq wa alKala’m, Mesir’, Matba’ah al-Sa’adah
Syafi’i, Abu Abdillah Muhammad bin Idris al-, (t.t), al-Umm, juz VII , Mesir’, Maktabah al-Sya’ab.
________, Muhammad bin Idris al-, (t.t), al-Risalah, Beirut, Dar al-Fikr
Taimiyah, Ibn, al-‘Aqidah al-Wasitiyyah, (t.t), Beirut, Dar al-‘Arabiyah
________, Ibn, (1989), Ilmu al-Hadis, Beirut, Dar al-Kutub al-lamiyah
________, Ibn, Iqtida al-Shirah al-Mustaqim Mukhalafat Ashab al-Jahim, Beirut, Dar
al-Fikr.
________, Ibn, (1398 H), Majmu’ al-Fatawa, Juz. XVIII, t.k., al-Maktabah al-Arabiyah
al-Suudiyah
________, Ibn, (1398 H), Majmu’ Fatawa, Jilid. II, XX, Beirut, Dar al-Arabiyah.
________, Ibn, (t.t), Minhaj al-Sunnah al-Nabawiyah, Juz 1, Beirut, Dar al-Kutub alIlmiyah
________, Ibn, (1971), Muqaddimah fi Usul al-Tafsir, Kuwait, Dar al-Karim
________, Ibn, (1988), Raf’u al-Mala’m ‘an al-‘Aimmat al-‘Ala’m , Beirut, Dar al-Kutub
al-‘Ilmiyyah
________, Ibn, (t.t), Shihhat Usul Mazhab Ahl al-Madinah, Mura’ja’ah wa Taqdi’m
Ahmad Hjja’zi’ al-Siqa’, (t.t), Beirut, Maktabah al-Saqafah al-Diniyyah.
Tafsir, Ahmad, (2002), Filsafat Umum, Bandung, Rosdakarya
Thaha, Ahmadie, (1992), Ibn Taimiyah’, Hidup dan Pikiran-pikirannya, cet. ke-1, Surabaya, PT. Bina Ilmu
Thahhan, Mahmud al-, (1979), Tasyir Musthalah al-Hadis, Beirut, Dar al-Qur’an al-Karim,
Wardani, (2003), Epistemologi Kalam, Yogyakarta, eLKiS
Yazdi, Muhammad Taqi Misbah, (2003), Buku Daras Filsafat Islam, terj. Musa Kazhim, Bandung, Mizan,
Yoesqi, Mohd. Isom, (2006), Inklusivitas Hadis Nabi Muhammad SAW. Menurut Ibn Taimiyyah, Jakarta, Pustaka Mapan
Zahrah, Muhammad Abu, (1963), al-Ta’rif bi Ibn Taimiyah, dalam Ushul al-Fiqh alIslam wa Mahrajan al-Imam Ibn Taimiyah, Kairo, al-Majlis al-A’la li Ri’ayat al-Funun wa al-Adab wa al-Ulum al-Ijtima’iyah.
Zahwu, M.M. Abu, (1984), al-Hadis wa al-Muhaddisun, Beirut, Dar al-Kitab al-Arabi.
Zarkasyi, Hamid Fahmy, (2005), “Worldview Sebagai Asas Epistemologi Islam”, Jurnal Islamika, th. II, no.5, April-Juni,
Zubair, Anton, (1990) Bakker dan Charis, Metodologi Penelitian Filsafat, Yogyakarta, Kanisius.
Published
2019-08-25
How to Cite
FAGEH, Ahmad. Analisa Ontologi dan Epistemologi Hadis Perspektif Ibn Taimiyah. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 134 - 148, aug. 2019. ISSN 2614-0527. Available at: <http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/470>. Date accessed: 16 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i2.470.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.