Karakter Anak Muslim Moderat; Deskripsi, Ciri-Ciri dan Pengembangannya di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Asih Andriyati Mardliyah
  • Syaikhu Rozi

Keywords:

Karakter Anak, Moderat, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter anak muslim moderat, ciri-ciri dan pengembangannya di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik  analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) karakter muslim moderat pada anak adalah integrasi dari sifat-sifat moderasi islam yang menetap dalam diri seorang anak sehingga sifat-sifat tersebut menjadi kepribadiannya yang khas. 2) Ciri-ciri Anak Muslim Moderat ada 11 karakter yaitu: a) Memiliki keimanan yang benar dan mampu melaksanakan rukun Islam, b) Menjunjung tinggi akhlak mulia, identitas dan integritas seorang muslim, c) Mengutamakan perbaikan dan kemajuan demi kemaslahatan umum, d) Mengambil jalan tengah dengan tidak melebih-lebihkan dan mengurangi ajaran islam, e) Bersikap adil dan merealisasikan hak serta kewajiban secara proporsional, f) Toleran terhadap permasalahan ikhtilafi dalam keagamaan, sosial, budaya dan kemasyarakatan, g) Tidak bersikap diskriminatif, h) Mampu menggunakan dialog sebagai jalan penyelesaian masalah, i) Dinamis dan inovatif untuk menjawab tuntutan kemajuan dan kemaslahatan umum, j) Dapat membedakan perbuatan baik dan benar, perbuatan salah dan jahat, k) Menerima warisan tradisi Islam. 3) Pengembangan karakter anak dapat dilakukan dengan 4 model kegiatan, yaitu a) kegiatan persiapan, b) kegiatan pembelajaran di kelas, c) kegiatan outing (outing class) ; dan d) kegiatan sentra, yaitu 1) sentra persiapan, 2) sentra balok, 3) main peran 4) sentra main peran.

References

Achmadi, Moch. Ishom, 2011. Kaifa Nurabbi Abna’ana. Jogjakarta: Media Line.
Amar, Abu, 2018. Pendidikan Islam Wasathiyah Ke Indonesia-an. Jurnal Studi KeIslaman “Al-Insyiroh”, Volume 2, No.2, tahun 2018.
Chaplin, J.ames P., 2004. Kamus Lengkap Psikologi; diterjemahakan oleh Kartini Kartono dari: Dictionary of Psychology [New York: Dell Publising CO, 1981]. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Helmawati, 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Hubberman, Milles, MB, 1994. Analisis Data Kualitatif; Buku tentang Metode-Metode dan Cara Baru. Terjemah. Tcetcep Rohendi Rosyidi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI) Press.
Hurlock, Elizabeth B., 2005. Psikologi Perkembangan; Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemah oleh Istiwidayati dan Soedjarwo. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Ismail, 2018. Pesantren, Islam Moderat dan Etika Politik dalam Perpsektif Pendidikan Islam. Prosiding 2nd Annual Conference for Muslim Scholerss (AnCoMS) Kopertais Wilayah 4 Surabaya.
Jasminto, 2018. Urgensi Teori Andragogy dalam Memperkuat Visi Moderat Islam di Indonesia, Prosiding 2nd Annual Conference for Muslim Scholerss (AnCoMS) Kopertais Wilayah 4 Surabaya.
Lickona, Thomas, 2014. Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Nisa’, Khoirul Mudawinun, 2018. Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Pada Anak Usia Dini Berbasis Living Values Education (LVE). Prosiding 2nd Annual Conference For Muslim Scholerss (AnCoMS) Kopertais Wilayah 4 Surabaya.
RI, Departemen Agama, 1998. Al-Quran dan Terjemahnya. Surabaya: Al-Hidayah.
Rozi, Syaikhu, 2019. Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia. Jurnal Tarbiya Islamiya, Volume 8 No I Februari 2019.
Sukamadinata, Nana Syodih, 2005. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakary.
Suyadi, 2003. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Tim Penyusun Buku P3M STAIN Tulungagung, 2003. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yaqin, Ainul, 2019. Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Afeksi. Yogyakarta: Media Akademi,

Downloads

Published

2019-08-25

Issue

Section

Articles