Manajemen Sarana dan Prasana Perspektif Al Quran dan Hadis

  • Ari Prayoga
  • Dewi Qorotul Kaffah

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menguji nilai-nilai kontekstual dari pengelolaan fasilitas dan infrastruktur dari perspektif Al-Hadis dan Al Qur'an dalam hal komponen perencanaan, pemanfaatan, inventaris, dan pengawasan fasilitas dan infrastruktur. Jenis metode yang digunakan adalah metode interpretasi maudhu'i (tematik) yang mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur'an yang memiliki satu tujuan yang bersama-sama membahas judul / topik / sektor tertentu dan mendisiplinkan mereka sedapat mungkin sesuai dengan periode penurunan harmoni dengan penyebab - karena penurunan. Hasil pertama, konteks pengelolaan sarana dan prasarana dalam penafsiran surat kabar terkandung dalam penafsiran An-Nahl (16) ayat 68-69, yaitu memetakan konsep bangunan pembagian kerja dalam menyusun infrastruktur menjadi efektif dan tepat sasaran sehingga implementasinya sesuai dengan nilainya. Kedua, perencanaan interpretasi al-Hasyr (59) ayat 18 untuk setiap individu untuk merancang persiapan masa depan mereka sehingga apa yang akan dilakukan telah dirumuskan sebagai konsepsi realisasi kegiatan. Ketiga, pemanfaatan interpretasi An-Nahl (16) ayat 5-8 adalah agar setiap manusia dapat memaksimalkan setiap sumber daya potensial yang ada baik SDM maupun SDA seefektif dan seefisien mungkin sehingga potensi yang ada pada sumber daya tersebut dapat dimaksimalkan. Keempat, inventarisasi interpretasi atas surat Al-Baqarah (2) ayat 282 tentang urgensi pencatatan sebagai bukti konkret, faktual dan otentik dalam pelaporan sehingga dapat lebih mudah saat memeriksa dan menjadi data tekstual ketika ada pertanggungjawaban dari lembaga sekolah. Kelima, pengawasan interpretasi Al-Mujaadillah (58) ayat 7 surah adalah mutlak untuk menghindari penyimpangan baik dalam hal pelaporan, kinerja dan output.

References

A. L. Hartani, Manajemen Pendidikan,(Yogyakarta.PRESS indo 2009).
Abdullah, Taufiq dan Karim, Rush (ed), Metodologi Penelitian Agama, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1989.
Abu al-Fida’ Isma’il ibn Umar al-Dimasqa, Tafsir Alquran Adzim, juz 8 ( Mauqi’u al-Islam:dalam software maktabah syamilah, 2005).
Ahmad Tafsir, Filsafat Pendidikan Islami Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010).
Bafadal, I. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. (Jakarta, Bumi aksara 2004).
Baharuddin, Menejemen Pendidikan Islamtranformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul, (UIN-press, 2010).
Barnawi., M.Arifin, Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah .Yogyakarta. 2012.
Daryanto, Administrasi pendidikan, (Jakarta : Rieka Cipta, 2001).
Departemen Pendidikan Nasional. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Jakarta :Persekolahan Berbasis Sekolah, 2007).
Dr.Matin M.Pd dan Dr. Nurhattati Fuad,M.Pd. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.(Jakarta : Pt Raja Grafindo Persada.2016), H.89.
Farmawi al, Abd al-Hayy, Mu jam al-Alfaz wa al-a’lam al-Our’aniyah, Dar al-`ulum, Kairo, 1968.
Farmawi al, Abd al-Hayy, Al Bidayah fr al-Tafsir al Maudhu ‘i, Matba’ah al-Hadarah al¬-Arabiyah, Kairo, 1977
H. Zainiyati, Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, (Jurnal Studi Keislaman Ulumuna Volume XVIII Nomor 1 Juni, 2014).
John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Indonesia-Inggris, (Jakarta : PT. Gramedia, 1992).
M. Manullang. Dasar-dasar Manajemen. (Medan:Ghalia Indonesia, 2006).
Masrokan Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013).
Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013).
Software Q-Soft El-ra.
Software Terjemah Tafsir Ibnu Katsir versi 30 Juz lengkap, 2013 Kampungsunnah.org.
Stoner dan taupik. Jenis-jenis Manajemen ( Bandung: Grafindo Persada, 2009).H. 88
Suharsimi Arikunto, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 1993), Cet. 2.
Sulistyorini, Menejemen Pendidikan Islam, (Teras, Yogyakarta, 2009).
T. Hani Handoko, Manajemen, (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2009),H. 8, mengutip dari Jame A.F. Stoner, Management, Prentice/ Hall International, Inc., (New York: Englewood Cliffts, 1982).
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka, 1990).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS dan Undang-Undang republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakarta: VisiMedia, 2007).
Zainul Hamdi, “Menilai Ulang Gagasan Integrasi Ilmu Pengetahuan sebagai Blue Print Pengembangan Keilmuan UIN”, dalam Zainal Abidin Bagir, dkk (editor), Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi (Yogyakarta: MYIA-CRCS dan Suka Press, 2005).
Published
2019-08-25
How to Cite
PRAYOGA, Ari; KAFFAH, Dewi Qorotul. Manajemen Sarana dan Prasana Perspektif Al Quran dan Hadis. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan dan Keislaman, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 165 -179, aug. 2019. ISSN 2614-0527. Available at: <http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/479>. Date accessed: 15 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.36815/tarbiya.v8i2.479.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.