DIMENSI EDUKATIF DALAM AMTSAL AL-QUR’AN, PERSPEKTIF KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

DIMENSI EDUKATIF DALAM AMTSAL AL-QUR’AN, PERSPEKTIF KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Moh. Syamsi Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Suci Gresik

Keywords:

Dimensi Edukatif

Abstract

Abstrak:  penelitian ini dimaksudkan untuk menambah khazanah keilmuan Islam yang bersumber langsung dari pembahasan kitab suci Al-Qur’an.  Sebagai kitab suci agama Islam Al-Qur'an mempunyai suatu keunikan dalam segi pengajaran dan penyampaian pesan kedalam jiwa manusia, salah satunya adalah melalui amsal (perumpamaan). at studi kepustakaan, yang memiliki pengertian bahwa penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan masalah-masalah dari suatu fenomena secara teoritik, yang dihubungkan dengan kajian teoritik lain dalam pengembangan suatu ilmu tertentu, untuk memecahkan masalah yang diteliti secara rasional. Temuan penelitian dari penelusuran kepustakaan yang telah dilakukan terhadap lafadz-lafadz pada Al Qur’an yang merupakan amsalulqur’an yang dianalisis dalam dimensi edukatif amtsal al-Qur’an segi komponen kurikulum dapat diketahui pada empat aspek, yakni  pertama: aspek tujuan, kedua aspek materi, ketiga aspek metode dan keempat aspek media. (1) bahwa dalam amsal al-Qur’anmempunyai nilai-nilai pendidikan yaitu mengenai tujuan pendidikan Islam bahkan mendukungnya. (2) dalam hal metode, amsal al-Qur’an ini kelihatan menonjol oleh karena itu sudah banyak para da’i dan para pendidik menggunakannya. (3) dalam media amsal al-Qur’an menggunakan media yang telah dikenal baik oleh manusia yaitu media kesemestaan (alam semesta). (4) adapun dalam hal materi, amsal al-Qur’an banyak menjelaskan tentang materi-materi yang biasa dikaji dalam pendidikan Islam yaitu : keimanan, ibadah, sejarah, dan akhlak. Bahkan disiplin ilmu-ilmu lainpun kadang terungkap dalam perumpamaan-perumpamaan yang ada dalam al-Qur’an.

Keywords:Dimensi Edukatif, amtsal al-Qur`an, Kurikulum PAI

References

Daftar Pustaka
Abdullah ibn Ali al-Hakim at-Tirmizi yang berjudul “al-ámšal min al-kitab wa as-Sunnah,
Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam Pada Periode Klasik Dan Pertengahan, (Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2004),
Abudin Nata ,Filsafat Pendidikan Islam 1, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997), hal. 125
Abdurrohman al-Nahlawi, ,Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, (Jakarta: Gema Insani Press, 1996),
Abd. Rahman Dahlan, Kaidah-Kaidah Penafsiran al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 1997),
Ahmad DKK, Pengembangan Kurikulum Untuk IAIN dan PTAIS semua Fakultas dan jurusan Komponen MKDK, (Bandung : Pustaka Setia, 1998),
Al-Raghib al-Asfahani, Mu’jam al-Mufaradat, (Beirut: Dar al-Fikr, t.t),
Ali Abd Al-Azim, Falsafah al-Ma’rifat Fi al-Qur’an al-Karim,
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metode Pendidikan Islam, (Jakarta: ciputat Press, 2002),
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rieneka Cipta, 2002),
Imam Badr ad-Din Muhammad Ibn Abdullah al-Zarkasyi, al-Burhan fi Ulum al-Qur’an, Jilid 1, (Beirut: Dar al-Fikr,2001),
Jalaluddin al-Suyuthi,al-Itqan fi Ulum al-Qur’an, Jilid 4, (Beirut: al-Maktabah al-Asriyyah,1987),
Muhammad Husai Ali al-Sagir Dr.as-Surah al-Fanniyyah fi al-Masal al-Quran fi al-Qur’ani
Muhaimin & Abd. Mujib, , Pemikiran Dasar Pendidikan Islam, Kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalisasi, (Bandung: Trigenda Karya, 1993),
M. Quraish Shihab, ,Membumikan Al-Qur’an, (Bandung, Mizan, 1992),
M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pesan, kesan Dan keserasian Al-Qur’an, Vol. 10, (Jakarta: Lentera Hati, 2002),
Manna’ Khalil al-Qutthon, Study Ilmu-Ilmu al-Qur’an, Terjemahan Mudzakir AS., (Jakarta: Litera antar Nusa, 1994)
Manna al-Quthon, Mabahis Fi Ulum al-Qur’an, (Riyad: Mansyurat al-Ashr al-Hadits, 1973),
Muhammad Mahmud Hujazi, Tafsir al-Wadih, (Bairut: Dar al-Jil, 1969),
Nashr Hamid Abu Zaid, Menalar Firman Tuhan Wacana Majas dalam Al-Qur’an Menurut Mu’tazilah, penerjemah: Abdurrahman Kasdi dan Hamka Hasan, (Bandung: Mizan Media Utama, 2003),
Nasr Hamid Abu Zaid, Teks Otoritas Kebenaran, penerjemah: Sunarwoto Dema, editor: Khoiron Nahdiyyin, (Yogyakarta: LKiS, 2003),
Rasihan Anwar, Ilmu Tafsir,(Bandung: Pustaka Setia, 2005),
S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995),

Published

2020-03-13