PEMANFAATAN OPEN EDUCATION RESOURCES PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA UNGGULAN BPPT AL-FATTAH LAMONGAN
Keywords:
Sumber pembelajaran terbuka, kompetensi, Guru PAI.Abstract
ABSTRAK
Open Education Resources adalah salah satu wujud dari perkembangan media pembelajaran di era modern, sumber pembelajaran terbuka bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan memudahkan proses pembelajaran. Melalui jaringan internet sumber pembelajaran terbuka sangat mudah diakses untuk semua elemen masyarakat mulai dari siswa, guru, dan lembaga instansi lain. Pemanfaatan sumber pembelajaran terbuka bergantung pada kompetensi penggunannya sejauh mana kemampuan pengguna dalam memanfaatkan sumber pembelajaran terbuka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi, faktor pendukung dan penghambat guru PAI di SMA Unggulan Bppt Al-Fattah Lamongan dalam pemanfaatan open education resources pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa kompetensi guru PAI di SMA Unggulan Bppt Al-Fattah Lamongan sudah cukup baik, dengan memanfaatkan sumber pembelajaran yang dicari melalui internet dapat mengintegrasikan kurikulum, modul serta perangkat pembelajaran lain. Faktor pendukung pemanfaatan open education resources yaitu, sumber pembelajaran terbuka sangat mudah diakses untuk semua orang, kebebasan berinovasi dari berbagai sumber, adanya peluang bagi sesama guru untuk berkolaborasi dalam penggunaan sumber pembelajaran terbuka sehingga mampu mensinergikan kurikulum serta bahan ajar lain untuk meningkatkan mutu pendidikan. Faktor penghambat dari pemanfaatan sumber pembelajaran terbuka adalah keterbatasan alat bantu media teknologi, kemampuan guru dalam penggunaan sumber pembelajaran terbuka,dan jaringan internet yang lemah.
Kata kunci : Sumber pembelajaran terbuka, kompetensi, Guru PAI.
References
Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Deepublish, 2018
Anitah, Sri, Buku Materi Pokok Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris, Jakarta :penerbit Universitas Terbuka, 2008
Evi Fatimatur Rusydiyah, Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0 (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2019)
Haris Budiman, ‘Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8 (2017), 42
Husaini, M., ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education)’, Jurnal Mikrotik, 2 (2014), 25
Kosasih, Fauzy Rahman, and Rahayu Dwi Riyanti, ‘IbM Pemanfaatan Open Educational Resources Bagi Guru SMA Taruna Terpadu Bogor’, Jurnal Abdimas BSI, 1 (2018), 398–405
Kusaeri, Metodologi Penelitian (Surabaya: UIN Sunan ampel Press, 2014)
Sulisworo, Dwi, ‘The Utilization of Open Educational Resources in the Collaborative Learning Environment to Enhance the Critical Thinking Skill’, International Journal Of Learning And Development, 8 (2018), 73–83
Syaifudin, Mokhamad, ‘Open Educational Resources’, Jurnal IJET, 5 (2016), 42
Trenin D. T., Giving Knowledge for Free : The Emergence of Open Educational Resources, Organization For Economic Co-Opertion and Developm, 2007
Tuomi, Ilkka, ‘Open Educational Resources and the Transformation’, European Journal of Education, 48 (2013), 58–78
‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 79, Ayat 4, Nomor 12 Tahun 2012.’, 2003
Downloads
Published
Issue
Section
License
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.