Pengembangan Moral Kepemimpinan Siswa di Sekolah

Authors

  • Dhuri Ashari dan Syaikhu Rozi

Keywords:

Dimensi Moral Kepemimpinan, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dimensi moral yang dikembangkan di sekolah beserta strategi pengembangannya. Penelitian dilaksanakan secara kualitatif dan dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif versi Milles & Hubberman.Dengan teknik tersebut, hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) dimensi moral kepemimpinan siswa yang dapat dikembangkan di sekolah di antaranya adalah sikap bertanggung jawab, menghormati dan disiplin. 2) Pengembangan dimensi moral kepemimpinan siswa di sekolah dilaksanakan dengan berbagai pendekatan, di antaranya a) pendekatan personal, b) pendekatan emosional, c) Pendekatan Keagamaan, d) pendekatan struktural. Adapun strategi pengembangannya adalah: a) pembudayaan kepemimpinan moral di sekolah, b) Kegiatan menumbuhkan karakter pemimpin dan c) menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler.

References

Daniel Goleman, 2005. Kepemimpinan Berdasarkan Kecerdasan Emosi.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Furqan, 1991.Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Lickona, Thomas. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karkter, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Milles, MB & Hubberman. (Ed.). (1994).Analisis Data Kualitatif; Buku Tentang Metode-Metode dan Cara Baru. Terjemah. Tcetcep Rohendi Rosyidi, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Nawawi, (tt). Hadith Arba’ien Al Nawawi. Surabaya: Mahkota.
Saefullah, Asep. 2010. Kiat Menjadi Pemimpin Sukses. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Stogdill, & Bass. (1974). Kiat Menjadi Pemimpin Sukses, Bandung : Pustaka Reka Cipta..
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Downloads

Published

2018-02-24

Issue

Section

Articles