Pengelolaan Keuangan dan Manajemen Pemasaran Bagi UMKM Kripik Pisang dan Ketela di Jepara
Keywords:
Keripik, Pisang, Ketela, Pengelolaan Keuangan, Manajemen PemasaranAbstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu mengelola keuangan UMKM Keripik Pisang dan Ketela di Jepara baik dalam menentukan harga jual, rencana anggaran produksi, laporan penjualan, serta mengetahui laba yang didapatkan sehingga unit usaha dapat mengembangkan modalnya menjadi lebih besar. Selain itu, meningkatkan pengemasan produk dan memperluas jangkauan pemasaran produk tersebut. Metode yang digunakan adalah observasi, pemaparan materi dan praktek pelatihan tentang penentuan harga jual, pembuatan rencana anggaran produksi, laporan penjualan, mengetahui laba yang didapat, pengemasan yang sesuai, dan evaluasi. Hasil yang dicapai oleh UMKM Keripik Pisang dan Ketela Jepara adalah peningkatan penjualan, dapat membuat catatan keuangan harian, laporan keuangan sederhana, menentukan harga jual yang lebih akurat, merubah kemasan yang lebih menarik dengan bermacam-macam ukuran, serta jangkauan pemasaran yang semakin luas.