Penyuluhan / Sosialisasi Materi Motivasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuandan Manajemen Pemasaran Hasil Industri Rumahan Bagi “Forum Penguatan Perkumpulan Puspa Arimbi“ Di Kabupaten Jombang

Penulis

  • Rahayu Rahayu Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit
  • Nurdiana Fitri Isnaini Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit
  • Rini Armin Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

industri rumahan, strategi pemasaran, kinerja usaha

Abstrak

Tujuan dilaksanakannya penyuluhan/sosialisasi tentang materi motivasi pemberdayaan ekonomi perempuan dan manajemen pemasaran hasil industri rumahan  bagi  kelompok usaha yang tergabung dalam komunitas “Forum Penguatan Perkumpulan PUSPA ARIMBI” di Kabupaten Jombang yang dilakukan Dinas PemberdayaanPerempuandan Perlindungan Anak Kabupaten dan BKKBN Kab. Jombang. Adapun maksud dari kegiatan ini adalah 1)memberikan pemahaman tentang teori dan praktek  tentang pengembangan  usaha dan strategi pemasaran  di era global. 2)  Memberikan pemahaman tentang teknik pengembangan usaha berdasarkan potensi lokal di suatu daerah serta mengolah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 3) memberikan pemahaman tentang strategi pemasaran zaman di era teknologi 5.0. Kegiatan ini diikuti 65 peserta yang terdiri dari: 1) Perempuan pekerja rumahan, dan 2) Kader perempuan yang terlibat dalam kegiatan desa. Metodepelaksanaan penyuluhan dan sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah, dan tanyajawab serta aplikasi dalam kegiatan berbisnis terkait dengan strategi pemasaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kelompok usaha telah : 1) Peserta menunjukkan dan mengungkapkan keinginan mereka untuk melakukan evaluasi dan pembenahan dalam usahanya maupun strategi marketing yang selama ini diimplementasikan agar dicapai kinerja usaha yang maksimal 2) Pesertajugatermotivasi dan mengapresiasi semua materi dalam aplikasi usaha mereka dan siap untuk menempuh strategi pemasaran ofline dan online termasuk media sosial untuk menembus pasar yang lebih luas.

Referensi

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

APJII, 2018. Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. (Online). https://apjii.or.id

Ardianti, Asri N. & Widiartanto. 2019. Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplase Shopee. Electronic Jurnal Undip.

Assael, Henry. (2001). Consumer Behaviour and Marketing Action. New York: PWS-KENT Publishing Company.

Dukungan Program Pemerintah dalam Pemberdayaan UMKM untuk Memperkuat Stabilitas Ekonomi Daerah, 2022, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, https://www.ekon.go.id

Hamdani, M, 2010. Entrepreneurship: Kiat Melihat & Memberdayakan Potensi Bisnis, Jogjakarta : Starbooks.

Iriani.N.I,danHS.L.Wijayanto.2016.Pemberdayaan Pekerja Rumahan Melalui Pembinaan Kewirausahaan Dalam Upaya Mengentas Kemiskinan. JISIP: Jurnal IlmuSosialdan Ilmu Politik5 (3).

Kementerian Investasi, 2021, Upaya Pemerintah Memajukan UMKM Indonesia BKPM, https://www.bkpm.go.id

Kementerian Keuangan, 2022, Ini Upaya Pemerintah Jaga Peran UMKM sebagai Tulang Punggung Perekonomian, https://kemenkeu.go.id

Kristanto, Heru, R.HC, 2009, Kewirausahaan (Entreprenuership) Pendekatan Manejemen dan Praktik, Yogyakarta : Graha Ilmu

Nersiwad, H. (2021). Alokasi Penanaman Modal Asing (Pma) Sektoral Pada Era Covid-19 Di Indonesia. Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/1764, 5(3), 2804–2816. Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/1764

Rahayu, H. (2020). Coaching And Training Skills Participants Of Pkh Program In Developing Pottery Products At Tondowulan Village, Plandaan, Jombang. Ijcde (Indonesian Journal Of Community Diversity And Engagement), 1(1), 65–70.

Setiartiti.L. 2019. Pemberdayaan Usaha Ekonomi Produktif Bagi Masyarakat Miskin Kampung Keluarga Berencana (KB). Seminar Nasional ABDIMAS II.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-26