Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada di Kota Mojokerto
Keywords:
Gaya hidup, kepercayaan konsumen, keputusan pembelianAbstract
Lazada.co.id merupakan portal bisnis e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan lainya. E-commerceLazada menghadirkan program pemasaran dimasa kemuadahan tehnologi informasi dengan cara membeli barang secara online, layaknya konsumen melakukan belanja untuk memenuhi di shopping center atau pasar nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya hidup dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian Online (E-commerce) Lazada di Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini masyarakat pengguna E-commerce yang pernah berbelanja di Lazada. Sampel yang digunakan adalah berdasarkan persentase dari populasi dan diambil sebanyak 91 responden. Purposive Sampling merupakan tehnik pengambilan sampel yang di gunakan yang mendasarkan beberapa kriteria dari masyarakat pengguna E-Commerce Lazada sebagai anggota sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Gaya hidup berpengaruh secara parsial dan besar terhadap keputuasan masyarakat dalam belanja secara ol line menunjukkan angka t hitung dari gaya hidup 0,491 dengan signifikasi 0,000 yang kuang dari 0,05 (2) Kepercayaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap perilaku pembelian dengan nilai t-hitung dari kepercayaan adalah 0,172 dengan signifikasi 0,088 yang dari 0,05 artinya bahwa variabel kepercayaan tidak besar pengaruhnya terhadap keputusan masyarakat dalam berbrlanja online di Lazada. (3) Gaya Hidup dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pembelian dengan tingkat signifikansinya 0,001 yang kurang dari 0,05. (4) Besarnya pengaruh gaya hidup dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian terlihat dari nilai R square adalah sebesar 35,5%.
References
--------------------. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Badan. Penerbit Universitas diponegoro. Semarang.
Handayani, S. P., & Purnama, B. E. 2013. Pembuatan Website E-Commerce pada Distro Java Trend. Seminar Riset Nasional Informatika dan Komputer, 19
Harmani. 2008. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Pasar Turi Baru Surabaya.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.
Mahkota, Andy Putra dkk. 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc. Jurnal : Universitas Brawijaya Malang
Mandey, Silvya L. 2009. Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Tenaga pengajar fakultas Ekonomi Unsrat.
Peppers, Don and Martha Rogers. 2004. Managing Customer Relationships: A Strategic Framework, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogya : Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.