Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Pasien untuk Berobat di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Pacet Mojokerto

Authors

  • Budi Utami Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit

Keywords:

analisa faktor, 7P, faktor-faktor eksternal, faktor-faktor internal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pasien untuk berobat pada Rumah Sakit Kusta Sumberglagah, Pacet, Mojokerto. Faktor-faktor yang diteliti adalah marketing mix jasa (7P), faktor-faktor external dan faktor-faktor internal, budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksploratif dengan tujuan agar faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dirumuskan lebih jelas dan terperinci. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum yang sedang berobat rawat jalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 170. Alat analisa yang digunakan adalah Analisis Faktor. Berdasarkan atas hasil penghitungan ditemukan nilai KMO > 0.5 , nilai matrik korelasi  0.807 ,  Bartlett’s  test 269.085 dengan signifikansi 124,3. Nilai communal mempunyai angka terbesar yang berarti dominant factor adalah variabel kualitas paramedis sebesar 0.650  yang berarti adalah 65 % paling besar dibanding variable factor yang lain. Faktor fasilitas dengan nilai eingenvalue sebesar 3.782 menjadi faktor paling dominan bagi konsumen dalam memilih rumah sakit sebagai pilihan utama berobat atau dalam rangka melakukan proses perawatan kesehatan.

References

Adikoesoemo, Sueparto,Gito Sudarto, 2002. Menejemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Agel, James F, Blackwell, Roger D and Minird, Paul W. 2004. Perilaku konsumen.. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Indriantoro,N., dan B. Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE,Yogyakarta.
Kamadji, Srikandi dan Abd. Hakim. 2001. Pengantar Statistik. Edisi Keempat. Penerbit Rineka Cipta. Surabaya.
Kotler, Philip, 2005. Manajement Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.
Mangkunegoro, Prabu Anwar A.A. 2008. Perilaku Konsumen, Bandung: Eresco.
Payne, Adrian. 2000. The Essense of Service Marketing. Terjemahan. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Sutrisno Hadi. 2006. Metode Research.Fakultas Psikologi Universitas Yogyakarta.
Swasta, Basu dan Hani Handoko T. 2007, Menejemen Pemasaran; Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Cetakan kedua. Yogyakarta.
................ 2005. Service, Quality & Satisfaction. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Umar, Husein. 1999. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2019-08-20

Most read articles by the same author(s)