Analisis Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Pasien untuk Berobat di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah Pacet Mojokerto
Keywords:
analisa faktor, 7P, faktor-faktor eksternal, faktor-faktor internalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pasien untuk berobat pada Rumah Sakit Kusta Sumberglagah, Pacet, Mojokerto. Faktor-faktor yang diteliti adalah marketing mix jasa (7P), faktor-faktor external dan faktor-faktor internal, budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian eksploratif dengan tujuan agar faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dirumuskan lebih jelas dan terperinci. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien umum yang sedang berobat rawat jalan. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel 170. Alat analisa yang digunakan adalah Analisis Faktor. Berdasarkan atas hasil penghitungan ditemukan nilai KMO > 0.5 , nilai matrik korelasi 0.807 , Bartlett’s test 269.085 dengan signifikansi 124,3. Nilai communal mempunyai angka terbesar yang berarti dominant factor adalah variabel kualitas paramedis sebesar 0.650 yang berarti adalah 65 % paling besar dibanding variable factor yang lain. Faktor fasilitas dengan nilai eingenvalue sebesar 3.782 menjadi faktor paling dominan bagi konsumen dalam memilih rumah sakit sebagai pilihan utama berobat atau dalam rangka melakukan proses perawatan kesehatan.
References
Agel, James F, Blackwell, Roger D and Minird, Paul W. 2004. Perilaku konsumen.. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Indriantoro,N., dan B. Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE,Yogyakarta.
Kamadji, Srikandi dan Abd. Hakim. 2001. Pengantar Statistik. Edisi Keempat. Penerbit Rineka Cipta. Surabaya.
Kotler, Philip, 2005. Manajement Pemasaran, Jakarta : Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.
Mangkunegoro, Prabu Anwar A.A. 2008. Perilaku Konsumen, Bandung: Eresco.
Payne, Adrian. 2000. The Essense of Service Marketing. Terjemahan. Edisi Pertama. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Sutrisno Hadi. 2006. Metode Research.Fakultas Psikologi Universitas Yogyakarta.
Swasta, Basu dan Hani Handoko T. 2007, Menejemen Pemasaran; Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Cetakan kedua. Yogyakarta.
................ 2005. Service, Quality & Satisfaction. Edisi Pertama. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Umar, Husein. 1999. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.