QUALITY OF ONE STOP SERVICE SERVICE TO SATISFACTION AND ITS IMPACT ON INSTITUTIONAL IMAGE (Survey at the Immigration Office Class II Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.37112/bisman.v3i1.620Keywords:
Quality of service, customer satisfaction, image of institutionAbstract
The objective of this research is to identify and analyze The Effect of “One Stop Service”Quality Toward Applicant’s Satisfaction in Making Republic of Indonesia’s Travel Documents and Its Effect Toward The Image of Tasikmalaya Immigration Office – Class Two Institution. The data collection was obtained through questionnaire and literature. The population in this research was Passport Applicants who applied in Tasikmalaya Immigration Office – Class Two. The samples were determined based on 100 passport applicants. Metodology used was path analysis. In partially and simultanously, the result of research shows that “One Stop Service” has impact toward applicant’s satisfaction in making The Republic of Indonesia’s travel documents, and also has impact toward the impression of Tasikmalaya Immigration Office – Class Two.
References
Barata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media. Komputindo.
Daryanto dan Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Dwiyanto, Agus. 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Elistia, 2008, Pengaruh citra Toko, Private Brand, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas pelanggan supermarket, Tesis.
Fahmi Rezha, 2011, Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat ( studi tentang pelayanan Perekam E-KTP dikota Depok), Tesis.
Garnis Anggi Saktiani, 2015, Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth Di Politeknik Negeri Malang, Jurnal.
Ibrahim, A. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik dan Implementasinya. Bandung : Mandar Maju.
Kotler dan Kevin L Keller, 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Ketiga Belas Jilid Dua, Jakarta : Penerbit Erlangga
Kepmenpan Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik disebutkan tentang prinsip-prinsip pelayanan publik.
_______,Nomor KEP/25/M/PAN tentang Indeks kepuasan Masyarakat.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2013 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.
_______,Nomor 45 Tahun 2014 Tentang Tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal).Yokyakarta : Pustaka Pelajar.
Sulaeman, Maman, 2019. Implementation of GCG In Making Reputation And CRM, Toward Customer Loyality (Case Study At Socials Assurance Labour Company Limited Branch East Priangan) https://www.atlantis-press.com/proceedings/iclick-18/125913311
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.
_______,2002. Strategi Pemasaran, Yogyakarta : Penerbit Andi.
_______,2005, Pemasaran Jasa, Edisi pertama. Malang: Bayu Media Publishing
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.