https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/issue/feedJurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaran2025-04-26T08:05:01+08:00Wiwik Mardiana, S.Pd., M.Hum.[email protected]Open Journal Systems<p>MAJAMAS (Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaran) merupakan wadah publikasi ilmiah berbasis pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Fokus jurnal ini meliputi bidang pendidikan dan pembelajaran yang diimplementasikan pada komunitas masyarakat. MAJAMAS (Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaran) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit dengan alamat redaksi di Gedung Al Hambra Jalan KM 0,7 Mojoanyar, Mojokerto. </p>https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3665Pelatihan Penyusunan Skenario Pembelajaran Literasi Terintegrasi bagi Guru Madrasah berdasarkan Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia2025-01-08T04:22:16+08:00Deka Anjariyah[email protected]Wiwik Mardiana[email protected]Amy Krisdiana[email protected]<p>Pelatihan penyusunan skenario pembelajaran literasi terintegrasi berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) bertujuan meningkatkan kompetensi guru madrasah dalam merancang pembelajaran berbasis literasi terintegrasi. Metode pelatihan menggunakan pendekatan partisipatif, mencakup presentasi materi, diskusi kelompok, workshop praktis, dan evaluasi. Peserta terdiri atas 91 guru dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di berbagai wilayah Indonesia. Data dikumpulkan melalui posttest (kognitif), tugas (psikomotorik), dan observasi partisipasi (afektif). Hasil menunjukkan bahwa 83,3% peserta dinyatakan lulus dengan skor kognitif rata-rata 62,5, psikomotorik 91,3, dan afektif 3,7 (skala 4). Analisis korelasi mengungkapkan bahwa psikomotorik memiliki hubungan lebih kuat terhadap skor akhir kelulusan dibandingkan kognitif. Peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menyusun skenario pembelajaran, dengan aspek psikomotorik menjadi yang paling menonjol. Namun, nilai kognitif yang relatif rendah menandakan perlunya pendekatan pembelajaran berbasis konsep yang lebih intensif. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan praktis guru dalam menyusun skenario pembelajaran literasi terintegrasi.</p>2024-12-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3674Merajut Disiplin Positif dalam Pendidikan: Lokakarya Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 Tahun Pertama2025-01-09T00:50:40+08:00Rini Lindawati[email protected]Nurhayati Ganinda[email protected]<p>Institusi pendidikan memiliki kesempatan melalui Program Sekolah Penggerak (PSP) untuk mendapatkan bantuan dari Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Fasilitator dapat memberikan dukungan PSP melalui lokakarya. Disiplin Positif adalah salah satu tema lokakarya PSP. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman berbasis disiplin positif di sekolah penggerak akan berdampak secara maksimal pada perkembangan dan pembentukan karakter peserta didik. Pengawas sekolah, kepala sekolah, dan dua perwakilan guru dari Komite Pembelajaran (KP) adalah peserta lokakarya. Ada 42 orang yang menghadiri lokakarya di SMP Negeri 1 Kepanjen, yang berada di Kabupaten Malang Melalui metode alur MERRDEKA, peserta dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep dasar disiplin positif, lima posisi kontrol, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas, serta segitiga restitusi. Metode ini mencakup langkah-langkah berikut: Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, serta Aksi Nyata.</p>2025-01-10T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3686Pelatihan AKMI tentang Literasi Membaca Terintegrasi untuk Guru MIN 11 Hulu Sungai Selatan2025-01-10T21:12:54+08:00Rani Jayanti[email protected]Tri Ratna Rinayuhani[email protected]Jenny Yudha Utama[email protected]<p>Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi literasi membaca para guru MIN 11 Hulu Sungai Selatan melalui pendekatan daring yang memanfaatkan platform digital. Metode pelatihan melibatkan penggunaan Google Meet, Zoom, dan WhatsApp Group sebagai media interaktif dan komunikasi. Pelatihan terdiri atas empat sesi yang mencakup pemahaman teori, penerapan praktik, kolaborasi kelompok, dan refleksi hasil pembelajaran. Berdasarkan asesmen pra dan pasca pelatihan, 80% peserta mengalami peningkatan kompetensi dari tingkat dasar menjadi cakap, serta 85% peserta merasa lebih percaya diri dalam menyusun bahan ajar berbasis literasi. Meskipun terdapat beberapa kendala teknis dan keterbatasan waktu, penggunaan WhatsApp Group sebagai media pendukung terbukti membantu kelancaran pelaksanaan. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan daring berbasis literasi dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pengajaran</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>literasi membaca, pelatihan guru, AKMI, MIN, pendidikan madrasah.</p>2024-12-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3710Pembinaan Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar bagi Calon Guru di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Majapahit2025-01-16T23:19:15+08:00Ulil Nurul Imanah[email protected]Fran Susanto[email protected]Feriyanto[email protected]<p style="text-align: justify;">Pembinaan Olimpiade Matematika bagi calon guru di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membimbing siswa Sekolah Dasar (SD). Program ini meliputi penguatan materi matematika olimpiade dan pelatihan strategi pemecahan masalah. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan mahasiswa, dengan rata-rata skor posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Program ini memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan mahasiswa sebagai pendidik yang kompeten dalam pembinaan olimpiade matematika.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Olimpiade Matematika, Pembinaan Guru, Sekolah Dasar, Pemecahan Masalah, Pendidikan Matematika.</em></p>2024-12-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaranhttps://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3858Pendampingan Guru TK dalam Penyusunan Modul Ajar berbasis Canva dan Pengembangan Pojok Literasi Numerasi2025-04-26T08:05:01+08:00Aprilia Dwi Handayani[email protected]Anik Lestariningrum [email protected]Umi Mahdiyah[email protected]samijo samijo[email protected]Bambang Agus Sulistyono[email protected]<p>Guru dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan dan kompetensinya terutama dalam adaptasi teknologi. Sementara itu, tidak semua guru mendapat kesempatan mengikuti kegiatan pelatihan atau workshop yang dapat meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pendampingan guru TK dalam penyusunan modul ajar menggunakan platform desain Canva. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pemahaman bahwa modul ajar yang dirancang dengan baik dan menarik dapat meningkatkan minat belajar anak, mempermudah pemahaman konsep literasi dan numerasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan pelatihan dan pendampingan secara luring. Pserta kegiatan ini adalah guru TK Dharma Wanita Batuaji baik kelompok A maupun kelompok B. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan ini memberikan dampak yang positif, baik dari segi peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi maupun dalam pengembangan pojok literasi dan numerasi</p>2024-12-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Pendidikan dan Pembelajaran