Kemampuan Representasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH)
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.1052Keywords:
Representasi, Matematika, Course Review HorayAbstract
Kemampuan peserta didik dalam merepresentasikan persoalan matematika dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang masih abstrak dengan mengubah soal menjadi bentuk tabel, gambar atau diagram sehingga soal akan lebih mudah diselesaikan. Kemampuan representasi matematika peserta didik masih rendah karenanya dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan representasi matematika. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI semester 5 tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu R5A dan R5B sebanyak 50 responden yang diambil dengan teknik simple random sampling. Setelah diberikan soal test teori bilangan berupa soal essai sebanyak 5 soal, data yang diperoleh di uji normalitas dan homogenitasnya, karena salah satu data tidak berdistribusi normal maka data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan diperoleh nilai sig. = 0,013, karena nilai sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan representasi matematika.
References
Anggraini, A., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7807
Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma, 5(1), 11–15. https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1238
Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & N, R. N. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216–229. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/539
Kirani, D. P. C., Hamami, S., Sari, Y. A., & Safitri, P. T. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Mind Mapping. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 93–100. https://doi.org/10.36815/majamath.v3i2.557
Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940
Maryam, S., Hasbi, M., & Hamid, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Di Kelas VII SMP NEGERI 2 MARAWOLA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), Article 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7259
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Suniti, N. M. (2015). Model Ekspositori Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dalam Kompetensi Dasar “Memfaktorkan Bentuk Aljabar.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 5(2). https://jurnal.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/678
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL E-DuMath, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26638/je.283.2064
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.