Kemampuan Representasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH)

Authors

  • Indah Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Yuan Andinny
  • Witri Lestari

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.1052

Keywords:

Representasi, Matematika, Course Review Horay

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam merepresentasikan persoalan matematika dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang masih abstrak dengan mengubah soal menjadi bentuk tabel, gambar atau diagram sehingga soal akan lebih mudah diselesaikan. Kemampuan representasi matematika peserta didik masih rendah karenanya dibutuhkan penerapan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan representasi matematika. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI semester 5 tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas yaitu R5A dan R5B sebanyak 50 responden  yang diambil dengan teknik simple random sampling. Setelah diberikan soal test  teori bilangan berupa soal essai sebanyak 5 soal, data yang diperoleh di uji normalitas dan homogenitasnya, karena salah satu data tidak berdistribusi normal maka data dianalisis menggunakan uji Mann Whitney  dan diperoleh nilai sig. = 0,013, karena nilai sig. < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap kemampuan representasi matematika.

References

Anggraini, A., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksploratif Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7807

Hasibuan, L. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma, 5(1), 11–15. https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1238

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & N, R. N. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216–229. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/539

Kirani, D. P. C., Hamami, S., Sari, Y. A., & Safitri, P. T. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Mind Mapping. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 93–100. https://doi.org/10.36815/majamath.v3i2.557

Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 287–292. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28940

Maryam, S., Hasbi, M., & Hamid, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Di Kelas VII SMP NEGERI 2 MARAWOLA. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(1), Article 1. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/7259

Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552

Suniti, N. M. (2015). Model Ekspositori Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dalam Kompetensi Dasar “Memfaktorkan Bentuk Aljabar.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 5(2). https://jurnal.unmas.ac.id/index.php/JSP/article/view/678

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. JURNAL E-DuMath, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26638/je.283.2064

Downloads

Published

2021-09-29