Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.115Keywords:
Efektifitas, Metode Question Students Have (QSH)Abstract
Penelitian ini merupakan pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan metode Question Student Have (QSH) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengacu pada tiga kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan belajar dan peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan respon positif siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode Question Student Have (QSH). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design yakni diberi pretest sebelum perlakuan dan diberi posttest setalah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA SMPN 1 Bulukumba sebanyak 29 orang sebagai kelas uji coba untuk diterapkan metode Question Student Have (QSH). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Question Student Have (QSH) Setting Kooperatif efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bulukumba.
References
Arafah, Akbar. (2015). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Index Card Match pada Siswa Kelas X.3 SMA Muhammadiyah Limbung. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Asy’ari, dkk. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square dengan Metode Question Studen Have dan Think Talk Write Pada Pokok Bahsan Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sleman Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal fkip UNS. 3(1):27-37.
Aunurrahman.(2011).Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Bariah, Chairul.(2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTR) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gow. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.
Basrioh, Ulil.2015.Efektivitas Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Question Student Have (QSH) dengan Pendekatan Scientific Berbantu Media Pembelajaran Video terahadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII Pada Pokok Bahasana Aritmetika Sosial Di MTs Al-Muayyad 03 . Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : UIN Walisongo.
Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Englita, dkk. (2014). Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have (QSH) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan.Jurnal Bung Hatta. 3(1):1-6)
Gusmania, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have Dengan Teknik Snowbal Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ananda Batam Tahun Pelajaran 2013/2014.. Jurnal Bung Hatta.4(2):56-71.
Ilyas, dkk. (2013).Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have terhadap pemahaman konsep matematis siswa Kelas VII SMP Pertiwi Padang.Jurnal Bung Hatta. 2(1):1-11.
Jusmawati. (2015). Efektivitas penerapan model berbasis masalah setting kooperatif dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 11 Makassar : Tesis FMIPA UN.
Ningsih, R.A.S. (2013).Pengaruh Penerapan Questiont Student Have dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa MTs Negeri Bukit Raya. Skripsi tidak diterbitkan. Pekan Baru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Saefuddin,Asis & Berdiati,Ika. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sahabuddin.(2007). Mengajar dan Belajar.Makassar: UNM Makasar.
Silberman, M.L. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudijono, Anas. (2015).Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2016).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Trianto.(2010).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.