Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Matematika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.116Keywords:
teori belajar, konstruktivisne, hasil belajarAbstract
Matematika dasar merupakan matakuliah dasar yang diberikan kepada mahasiswa di awal semester pada program studi pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pada umumnya mahasiswa baru motivasinya masih tinggi dalam belajar dengan semangat yang tinggi, sehingga penting untuk meningkatkan semangat tersebut dengan hasil balajar yang baik. Hasil belajar yang baik tentunya harus didukung dengan proses perkuliahan yang mendukung dan kondusif. Tentunya proses yang kondusif didukung dengan persiapan dan penerapan model pembelajaran yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut dilaksanakan penerapan teori belajar konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpukan bahwa hasil belajar mahasiswa mengalam peningkatan sebesar 29,25% dari siklus 1 kesiklus 3 disamping itu respon mahasiswa positif sebesar 90%.
References
Arends, Richard I., 1997. Classroom Instruction and Management. McGraw-Hill.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
-------------------------, 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
HUdojo, Herman, 1988. Mengajar Belajar Matenatika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2000. Pembejaran Kooperatif, University Press. Universitas Negeri Surabaya
Isjoni, 2007. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual; Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Nur, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Press
Pribadi, Benny A, 2009. Model Disain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat
Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Slavin, R.E, 1994. Educational Psychology Theory Into Practices (Fourth Edition). Boston: Allyn and Bacon
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.