Keterkaitan Pencapaian Nilai Akhir dengan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru

Authors

  • Ayu Faradillah UHAMKA

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.117

Keywords:

Keterkaitan, Pencapaian Nilai Akhir, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan pencapaian nilai akhir dengan pemahaman konsep pada mata kuliah program linier. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Metode penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti mencoba menganalisis dan mendeskripsikan paparan keterkaitan pencapaian nilai akhir dan pemahaman konsep matematis pada mata kuliah program linier. Adapun indikator-indikator pemahaman konsep matematis pada penelitian ini adalah menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menggunakan prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.

Kata Kunci: keterkaitan, pencapaian nilai akhir, pemahaman konsep matematis

References

Mawaddah, Siti dan Ratih Maryanti. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 4, Nomor 1, April 2016 hal 76-85.

Nasution, S. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Relawati dan Nurasni. 2016. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran CORE dan Pembelajaran Langsung Pada Siswa SMP. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, Volume 2, No.2 Oktober 2016 hal 161-169. P-ISSN:2443-1435, E-ISSN: 2528-4290.

Zevika, Mona, dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share I Disertai Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematia 1(1): 45-50

Downloads

Published

2018-03-30