Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep pada Materi Pecahan

Authors

  • Muhamad Ngasimurrohman UIN Sunan Kaliaga Yogyakarta
  • Suparni Suparni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1368

Keywords:

Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Open Ended, Pemahaman Konsep, Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan open ended yang valid untuk memfasilitasi  Pemahaman Konsep pada materi Pecahan kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan model  pengembangan  PPE  meliputi  planning  (Perencanaan),  production (Produksi)  dan  evaluation  (evaluasi). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKS dan lembar soal evaluasi.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dilakukan dengan tahap: planning  (Perencanaan),  production (Produksi)  dan  evaluation  (evaluasi). 2) Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 85,0378%. Oleh karena itu, LKS matematika dengan pendekatan open ended pada pokok bahasan pecahan ini telah valid menurut validator untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Ariyunita, N. (2012). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).

Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389

Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102707

Ibrahim, I. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160

ibrahim, & suparni. (2012). pembelajaran matematika teori dan aplikasinya. yogyakarta: suka-press UIN sunan kalijaga

Lail, F. (2015). PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. In UIN Sunan Kalijaga.

Nurbaiti, & Marbun, L. P. S. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI PECAHAN. 7(3), 207–219.

Nuryanis. (2015). Model Lembar Kerja Siswa Berbasis Open Ended Problem Pada mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2), 107–113.

Purnamasari, E., Syaifudin, S., & Muslimin, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Materi Bilangan Pecahan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 23. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3330

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Putra, S. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas Vii Smp Muhammadiyah 57 Medan.

Ramlah, Bennu, S., & Paloloang, B. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 182–184.

Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Downloads

Published

2022-03-30