Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep pada Materi Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1368Keywords:
Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Open Ended, Pemahaman Konsep, PecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan open ended yang valid untuk memfasilitasi Pemahaman Konsep pada materi Pecahan kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan model pengembangan PPE meliputi planning (Perencanaan), production (Produksi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKS dan lembar soal evaluasi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dilakukan dengan tahap: planning (Perencanaan), production (Produksi) dan evaluation (evaluasi). 2) Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 85,0378%. Oleh karena itu, LKS matematika dengan pendekatan open ended pada pokok bahasan pecahan ini telah valid menurut validator untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Ariyunita, N. (2012). Analisis Kesalahan dalam Penyelesaian Soal Operasi Bilangan Pecahan (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede).
Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Mahardhika, L. T. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pada Pecahan. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3389
Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Analisis Pendahuluan Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Sd. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 78. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102707
Ibrahim, I. (2019). Pendekatan Ramah, Terbuka dan Komunikatif pada Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 39–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.1160
ibrahim, & suparni. (2012). pembelajaran matematika teori dan aplikasinya. yogyakarta: suka-press UIN sunan kalijaga
Lail, F. (2015). PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. In UIN Sunan Kalijaga.
Nurbaiti, & Marbun, L. P. S. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI PECAHAN. 7(3), 207–219.
Nuryanis. (2015). Model Lembar Kerja Siswa Berbasis Open Ended Problem Pada mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 2(2), 107–113.
Purnamasari, E., Syaifudin, S., & Muslimin, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kegiatan Siswa Dengan Pendekatan Open-Ended Materi Bilangan Pecahan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 23. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3330
Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 6(1), 39–49. https://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327
Putra, S. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada Materi Segiempat Kelas Vii Smp Muhammadiyah 57 Medan.
Ramlah, Bennu, S., & Paloloang, B. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 182–184.
Septiani, U., & Zanthy, L. S. (2019). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Terhadap Pemahaman Matematik Siswa MTs. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.75
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.