Improving Students Mathematical Understanding and Proving Ability by Using Moore Method
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.145Keywords:
Metode Moore, Pemahaman Matematika, Kemampuan Pembuktian MatematikaAbstract
Kemampuan pembuktian matematika merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang pembelajaran matematika di tingkat yang lebi tinggi. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa kemampuan pembuktian tersebut sulit untuk dikuasai oleh siswa. Ada banyak metode yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membuktikan. Salah satu metode yang dapat dipakai yaitu Metode Moore. Studi literatur ini menggunakan analisis metode dari hasil penelitian yang relevan. Tujuan dari studi ini adalah menyediakan informasi tentang keefektifan metode Moore dalam meningkatkan pemahaman matematika dan kemampuan pembuktian siswa. Hasil studi menyediakan informasi bagi guru tentang bagaimana menerapkan metode Moore secara efektif.
References
Barnard, T. 2000. Why Are Proofs Difficult?. In The Mathematical Gazette [Online], Vol. 84, No. 501, November, (2000), 415-422. Available at: http://www.jstor.org/
Cohen, W. David. 1982. A Modified Moore Method for Teaching Undergraduate Mathematics. Available at: www.maa.org/pubs/monthly.html [August - September 1982]
Jones, F. Burton. 2012. The Moore Method. [Online] Available at: http://celebratio.org/
Lakatos, I. 1976. Proofs and refutations: The logic of mathematical discovery. (edited by J. Worrall & E. Zahar).
LeMire, Steven D. 2012. The Devalued Student: Misalignment of Current Mathematics Knowledge and Level of Instruction [Online], The Mathematics Educator 2012 Vol. 22, No. 1, 63–83. Available at: http://math.coe.uga.edu/tme/tmeonline.html
Maya, R., & Sumarmo, U. (2011). Mathematical Understanding and Proving Abilities: Experiment With Undergraduate Student By Using Modified Moore Learning Approach. Journal on Mathematics Education, 2(2), 231-250.
McLoughlin, M. Padraig M.M. 2008. Inquiry Based Learning: A Modified Moore Method Approach to Encourage Student Research. Texas: Legacy of R.L. Moore Conference
Solow, D. 1990. How to Read and Do Proofs: An Introduction to Mathematical Thought Processes. Kanada: John Wiley & Sons, Inc.
Weber, K. 2001. Student Difficulty in Constructing Proofs: The Need for Strategic Knowledge. In Educational Studies in Mathematics [Online], Volume 48: 101-119. Available at: http://www.jstor.org/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.