Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Ditinjau dari Kemampuan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.153Keywords:
Communication, Mathematics, RepresentionAbstract
Tujuan dalam penelitianiniuntuk mengetahui kepercayan diri dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui penerapan supercamp. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengolahan data secara deskriptif dan inferensial. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah pre eksperimentaldesign, Rancangan penelitian ini adalah one group postest only designdengan postest berupa soal ujian akhir (UAS) mahasiswa sesuai semester masing-masing. hasil penelitian yang diperolehadalah supercamp membentuk kepercayaan diri mahasiswa, akan tetapi dengan kepercayaan diri yang sudah terbentuk, indeks prestasi mahasiswa tidak meningkat walaupun Secara statistik deskriptif rata-rata indeks prestasi ada perbedaan sebesar 0,02.
References
Bansu, I.A. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan PemahamanDan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SMU N di KotaBandung). Disertasi tidak diterbitkan. Bandung : Pascasarjana UPI
Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas
Greenes, C. & Schulman, L. (1996). "Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations". In P. C. Elliott and M. J. Kenney (Eds.). 1996 Yearbook. Communication in Mathematics. K-12 and Be.vond. USA: NCTM
Hidayati, N.R. 2013. Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah program linear dengan pemberian scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM
Hulukati, E. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana UPI
Ika Kartini Ningtyas. 2015. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari dalam Memahami Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: IAIN Tulungagung
Kaselin, S. & Waluyo, B. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatika. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol.2, No.2, 121-127
Lutfianannisak. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: IAIN Tulungagung
OECD. 2014. Pisa 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). Paris: OECD Publishing
Osterholm, M. 2006. Metakognition and reading-criteria for comprehension of mathematics texts. In Novotna, J., Moraova, H.Kratka, M.& Stehlikova, N. (Eds.). Proceeding 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 4., pp.289-296.Prague: PME
Sumarmo, U. 2000. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian tidak diterbikan. Bandung: FMIPA UPI
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.