Komunikasi Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Ditinjau dari Kemampuan Matematika

Authors

  • Feriyanto Feriyanto

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.153

Keywords:

Communication, Mathematics, Represention

Abstract

Tujuan dalam penelitianiniuntuk mengetahui kepercayan diri dan peningkatan indeks prestasi   mahasiswa   Program   Studi   Pendidikan   Matematika   melalui penerapan supercamp.  Metode  penelitian  yang  digunakan adalah metode  penelitian  eksperimen, Jenis  penelitian  ini  adalah  kuantitatif  dengan  pengolahan  data secara deskriptif  dan inferensial.  Bentuk  penelitian  dalam  penelitian  ini  adalah pre  eksperimentaldesign, Rancangan  penelitian  ini adalah one  group postest only designdengan postest berupa soal  ujian  akhir  (UAS)  mahasiswa  sesuai  semester  masing-masing.  hasil penelitian yang diperolehadalah supercamp membentuk kepercayaan diri mahasiswa, akan tetapi dengan  kepercayaan  diri  yang  sudah  terbentuk,  indeks  prestasi  mahasiswa  tidak meningkat walaupun Secara statistik deskriptif rata-rata indeks prestasi ada perbedaan sebesar 0,02.

References

Ahmad, A., Siti S.S., dan Roziati Z. 2008. A Cognitive Tool to Support Mathematical Communication in Fraction Word Problem Solving. Vol. 7, pp. 228-236. Weseas Transactions on Computers, ISSN: 1109-2750

Bansu, I.A. 2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan PemahamanDan Komunikasi Matematik Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas I SMU N di KotaBandung). Disertasi tidak diterbitkan. Bandung : Pascasarjana UPI

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas

Greenes, C. & Schulman, L. (1996). "Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigations". In P. C. Elliott and M. J. Kenney (Eds.). 1996 Yearbook. Communication in Mathematics. K-12 and Be.vond. USA: NCTM

Hidayati, N.R. 2013. Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah program linear dengan pemberian scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM

Hulukati, E. 2005. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika SMP Melalui Model Pembelajaran Generatif. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana UPI

Ika Kartini Ningtyas. 2015. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari dalam Memahami Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: IAIN Tulungagung

Kaselin, S. & Waluyo, B. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatika. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol.2, No.2, 121-127

Lutfianannisak. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-IPA MA Unggulan Jabal Noor Trenggalek pada Materi Komposisi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: IAIN Tulungagung

OECD. 2014. Pisa 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading and Science (Volume I, Revised edition, February 2014). Paris: OECD Publishing

Osterholm, M. 2006. Metakognition and reading-criteria for comprehension of mathematics texts. In Novotna, J., Moraova, H.Kratka, M.& Stehlikova, N. (Eds.). Proceeding 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 4., pp.289-296.Prague: PME

Sumarmo, U. 2000. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian tidak diterbikan. Bandung: FMIPA UPI

Downloads

Published

2018-03-30