Analisis Hasil Belajar Siswa pada Materi Eksponensial Berdasarkan Tingkat Adversity Quotient Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v5i1.1778Keywords:
Hasil Belajar, Adversity quotient, EksponensialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi eksponensial berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu kelas X yang berjumlah 32 orang. Instrumen pengoleksi data yang dipakai adalah soal uraian mengenai materi eksponensial dan angket AQ. Hasil penelitian didapat bahwa siswa tergolong menjadi 3 jenis AQ yaitu quitters,campers & climbers. Siswa yang berkategorikan climbers memiliki hasil belajar yang memuaskan, sedangkan siswa dengan tipe quitters dan campers memiliki hasil belajar yang variatif, ada yang memuaskan dan juga ada yang tidak.
References
Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774
Adawiyah, N. R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analysis of Student Learning Outcomes of Grade X SMK on the Exponential Material Based on Emotional Intelligence. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 12(1), 11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v12i1.43178
Amir MZ, Z., Risnawati., Nurdin, E., Azmi, M. P., & Andrian, D. (2021). The Increasing Of Math Adversity Quotient In Mathematics Cooperative Learning Through Metacognitive. International Journal of Instruction, 14(4), 841-856. International Journal of Instruction, 14(4), 841–856.
Artana, M. B., Herawati, N. T., Wikrama, A., & Atmadja, T. (2014). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL ( IQ ), KECERDASAN EMOSIONAL ( EQ ), KECERDASAN SPIRITUAL ( SQ ), DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI ( Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja dan Mahasiswa S1 Universitas Udayana Denpasar ) Universitas Pendidikan Ganesha e-journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1).
Djamarah, & Syaiful, B. (2011). Psikologi Belajar (R. Cipta. (ed.)).
Hastuti, T. D., Sari, D. R., & Riyadi. (2018). Student profile with high adversity quotient in math learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012131
Hidayat, D. F. (2020). Hubungan kemampuan adversity quotient dan kemandirian belajar terhadap menulis matematis siswa dalam pembelajaran matematika. Universitas Muhammadiyah Malang.
Kartikaningtyas, V., Kusmayadi, T. ., & Riyadi, R. (2018). The Effect of Brain-Based Learning with Contextual Approach Viewed from Adversity Quotient. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012014
Lusianisita, R., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. MATHEdunesa, 9(2), 329–338. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p329-338
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.
Nuzula, V. F., & Ismail, I. (2021). Middle School Student Statistical Literacy Based on Adversity Quotient. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2040–2052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.718
Pinahayu, E. A. R. (2016). Problematika Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Eksponen dan Alternatif Pemecahannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 182–191. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.642
Rukmana, I., Hasbi, M., & Paloloang, B. (2016). Hubungan Adversity Quotient Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 325–333.
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2 SE-Articles). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263
Stoltz, P. G. (2003). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang) terjemahan. Gramedia.
Sukrorini, W. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Direct Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA.
Tatan, Z. M., & Sumiati, T. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. 1(1), 70–81.
Thaib, E. N. (2013). HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL. XIII(2), 384–399.
Wardiana, I Pt Arya. Wiarta, I Wyn. Zulaikha, S. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient (AQ) Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Di Kelurahan Pedungan. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.