Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v5i2.2132Keywords:
motivasi belajar, blended learningAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa PGSD UNISRI sebagai calon guru SD pada pembelajaran matematika pasca pandemic dengan menerapkan blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 55 mahasiswa dengan dominasi perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan penyebaran secara online, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi hasil belajar mahasiswa semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik analisis data dengan statistic deskriptif dan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa motivasi belajar mahasiswa PGSD dalam pembelajaran matematika dengan blended learning pada pasca pandemic dominan pada kategori Cukup sebesar 78%. Kemudian, pada kategori Rendah sebanyak 20% dan kategori Tinggi hanya 2%. Skor tertinggi ada pada indicator: a) memiliki tanggungjawab terhadap tugasnya, b) melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, c) menyelesaikan tugas dengan usahanya. sedangkan indicator yang lain ada dalam kategori Cukup. Dari hasil dapat diketahui bahwa motivasi belajar mahasiswa masih belum maksimal. Maka, diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika khususnya menyiapkan calon guru Sekolah Dasar yang handal dan berkualitas.
References
Baber, H. (2020). Determinants of Students Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic COVID 19. Journal of Education and E-Learning Research, 7(3), 285–292. https://doi.org/https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.73.285.292
Belawati & Nizam. (2020). Potret Pendidikan Tinggi di Masa Covid-19.
Dimyati dan Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Fielding, J., Geiger, V., Miller, J., Bruder, R., Towara, U., & Ratnayake, I. (2022). Using situated expectancy value theory to explore initial teacher education students’ motivation to engage with challenging mathematical tasks. Teaching and Teacher Education, 113, 103663. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103663
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Prestasi Pustaka Jaya.
Iannella, Alessandro, Morando, Paola, Spreafico, M. L. (2022). Challenges in Mathematics Learning at the University: An Activity to Motivate Students and Promote Self-awareness. In Communications in Computer and Information Science. https://doi.org/10.1007/978-3-030-96060-5_23
Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 37–49. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/38716
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. PT. Remaja Rosdakarya.
Kosel, C., Wolter, I., & Seidel, T. (2021). Profiling secondary school students in mathematics and German language arts using learning-relevant cognitive and motivational-affective characteristics. Learning and Instruction, 73(August 2019), 101434. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101434
Mulyono, S. (1991). Operations Reserach. Lembaga {enerbit Fakutas Ekonomi Universitas Indonesia.
Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. November, 289–302.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Garafindo Persada.
Setiawan, A. (2016). Hubungan Kausal Penalaran Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 94.
Siti Suprihatin. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73.
Stehman, S. V., Mousoupetros, J., McRoberts, R. E., Næsset, E., Pengra, B. W., Xing, D., & Horton, J. A. (2022). Incorporating interpreter variability into estimation of the total variance of land cover area estimates under simple random sampling. Remote Sensing of Environment, 269(June 2021), 112806. https://doi.org/10.1016/j.rse.2021.112806
Tung, K. Y. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Indeks.
Walter, J. G., & Hart, J. (2009). Understanding the complexities of student motivations in mathematics learning. Journal of Mathematical Behavior, 28(2–3), 162–170. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2009.07.001
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.