Pengembangan E-Book Bangun Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v6i1.2544Keywords:
pengembangan, e-book, kemampuan berpikir kritis, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kelayakan media e-book bangun datar dan menjelaskan apakah berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sesudah belajar dengan media e-book bangun datar. Latar belakang diadakan penelitian ini karena tingkat berpikir kritis siswa rendah pada materi keliling bangun datar. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan N-gain. Diperoleh persentase 90% dari orang yang kompeten di bidang materi, 91% dari orang yang kompeten di bidang bahasa, serta 92% dari orang yang kompeten di bidang media. Hasil uji kepraktisan dilihat dari hasil angket siswa diperoleh 92% artinya sangat praktis digunakan. Tingkat efektivitas berdasarkan posttest siswa secara individu dan klasikal mendapat nilai >71 termasuk dalam kategori tuntas, hal tersebut membuktikan media e-book bangun datar efektif digunakan. Berdasarkan hasil uji kelayakan media diketahui bahwa media e-book bangun datar layak dipakai dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil perhitungan menggunakan uji-t diperoleh rata-rata posttest sebesar 85,66 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sebesar 38,73. Hasil perhitungan menggunakan uji N-gain diketahui rata-ratanya sebesar 0,7 dalam rentang 0,3 ? g ? 0,7 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dan N-gain bisa ditarik kesimpulan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media e-book bangun datar dalam proses belajar mengajar.
References
Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Bookdengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. SEMINARNASIONALFISIKA(SNF)2017“Menghilirkan Penelitian-Penelitian Fisika dan Pembelajarannya”Surabaya, 25 November 2017, 81–85.
Aprilia, T. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 10–21. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.32059
Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilitiesi.
Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts Critical Thinking, Decision Making, and Problem Solving View project INSIGHT Reasoning Skills and Mindset measures for various professional groups View project. https://www.researchgate.net/publication/251303244
Naufal, A. L. A., & Kurniasari, I. (2022). Pengembangan E-Book Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. MATHEdunesa JurnalIlmiahPendidikanMatematika V, 11(2), 378–389.
Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(1), 43–56.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Dalam PRISMA (Vol. 119, Nomor 2).
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 84–93.
Qibtiya, M., & Kustijono, R. (2018). Keefektifan Penggunaan E-Book Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Fisika(SNF)2018“MembumikanFisika dan Pembelajaran Fisikadalam Membangun Kearifan Global,” 49–54.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel penelitian. Alfabeta.
Ratnaningtyas, Y., Wijayanti, P., & Pd, M. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5).
Siamy, L., & Syazali, M. (2018). Desimal: Jurnal Matematika Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. 1(1), 113–117. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Sihotang, K. (t.t.). Berpikir Kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius. https://books.google.co.id/books?id=5vr6DwAAQBAJ
Sukmana, I., Supriatna, A. R., & Wardhani, P. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-BookBerbasis Pendekatan Saintifik PadaPembelajaran IPAKelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1275–1281.
Suprapto, E., Apriandi, D., Inayah Putri Pamungkas, dan, & Artikel, I. (2019). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. 2(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Yuli, T., & Siswono, E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika (Nomor 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.