Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Website Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Segiempat dan Segitiga
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v6i2.2831Keywords:
Website google sites, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan website google sites dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple sampling random, sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas. Berdasarkan hasil pengambilan, kelas VII-4 terpilih sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan media berbantuan website google sites sedangkan kelas VII-1 sebagai kelas yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk uraian/essay. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yang menghasilkan thitung = 4,637, setelah dibandingkan dengan ttabel = t0,95:48 = 2,0106. Diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,637 > 2,0106, maka H0 ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbantuan website google sites dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint
References
Arrahim, A., Sugiharti, R.E., Hanayulianti, H. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 208-218
Bukoting, Nitrawati., Isa, Dewi Rahmawaty. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinat. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2) 573-579
Djikilo, Fadila A., Zakaria, Perry., Isa, Dewi Rahmawaty. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 11(2) 508-513
Ismail, Sofriyanto., Ismail, Sumarno., Abdullah, Abdul Wahab. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII-1 MTs Alkhairaat Salilama pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 11(2) 526-533
Majid., Gumalangit, Faradila., Achmad, Novianita. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP Negeri 3 Gorontalo. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 11(2) 476-485
Pauweni, Khardiyawan A.Y., Uwange, Deya Ismail., Ismail, Sumarno., Kobandaha, Putri Ekawaty. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3) 2660-2672
Purba, Cicha Veonika., Sitepu, Anton., Silaban, Putri Janson. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis WEB Dengan Google Sites Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal PAJAR: Pendidikan dan Pengajaran, 6(5) 2614-1337
Rikani, Istiqomah, & Taufiq, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis google sites pada materi sistem persamaan lnier tiga variabel (S PLTV). In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6. 54-61
Rahman, Sunarti. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 289-302
S, Jubaidah., M, R, Zulkarnain. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan SMP Negeri 1 Astambul. 15(2), 68–73.
Togas, Peggy V, et al. (2021). Development of Web-Based Digital System Learning Media. Asia Pacific Journal of Management and Education (APJME), 4(3) 22-34
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.