Pendekatan Contextual Teaching and Learning: Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v6i2.2866Keywords:
Hasil belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL), Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 3 Merauke. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta tes akhir pada setiap siklus pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kombinasi teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I, terdapat 18 siswa yang mencapai atau melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase ketuntasan sebesar 52,94%. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 28 siswa, dengan persentase ketuntasan sebesar 82,35%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran berhasil meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Merauke.
References
Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011, 34–42.
Ardiansyah, A., & Zakaria, A. (2020). Penggunaan Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bahasan Segi Empat Dan Segitiga. Sigma, 6(1), 50. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.799
Hendaryono, S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Perbandingan Trigonometri dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas X MA Nurul Cholil Bangkalan. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 245–256. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.230
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul?: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Adiatama.
Mahu, S., Ratumanan, T. G., & Tamalene, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 27 Maluku Tengah Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 100–108. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp100-108
Musyafa, M., Warsali, W., Milah, C. S., Aliyudin, A., Supianti, I. I., & Amam, A. (2020). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 69. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3263
Purwanti, L. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pembelajaran Kontekstual Di Kelas VIII SMP Negeri 6 Lubuk Basung. Lemma, I(2), 10–20.
Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2016). Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 146–154.
Ratumanan, T. G., & Mattitaputty, C. (2017). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Ritonga, S. I., Ritonga, W. A., & ... (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Di SMKS Harapan Al-Washliyah Sigambal TA …. … Matematika, 01(01), 37–46. https://ejurnal.univalabuhanbatu.ac.id/index.php/al-khawarizmi/article/view/136
Suzana, A. (2018). Upaya Meningkatkan Sikap Matematika Siswa Melalui Pendekatan CTL Setting NHT PENDAHULUAN Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan . Salah satunya matematika memegang peran yang sangat penting dala. 1(1), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.