Penerapan Minimum Spanning Tree pada Hasil Studi Matematika Kelas VIII dengan Algoritma Kombinasi (Prim-Kruskal)
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v7i1.2886Keywords:
Penerapan Spanning tree, Algoritma Kombinasi, Hasil Studi MatematikaAbstract
Penelitian ini membahas tentang penggunaan Minimum Spanning Tree (MST) dalam penentuan mata pelajaran matematika yang mendominasi di kelas VIII semester 1, MTs Salafiyah Prambontergayang dengan algoritma kombinasi (prim-kruskal). Penelitian ini melibatkan materi-materi matematika, diantaranya teorema Pythagoras, relasi dan fungsi, trigonometri, dan materi lingkaran. Penelitian ini akan di awali dengan mencari korelasi antar materi dengan menggunakan korelasi pearson dan spearman. Hasil korelasi antar materi digambarkan dalam bentuk Graf. Graf yang terbentuk dilakukan pencarian minimum spanning tree dengan algoritma kombinasi. Diperoleh 2 Graf minimum spanning tree yang identik berdasarkan jenis korelasi. Pencarian center dari graf minimum spanning tree dilakukan untuk menentukan materi yang mendominasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi relasi fungsi merupakan center dari minimum spanning tree sekaligus materi yang mendominasi dan berpengaruh diantara materi yang lain.
References
Afrianti, A., Effendi, E., & Welyyanti, D. (2021). Menentukan Minimum Spanning Tree Menggunakan Algoritma Modifikasi Dari Algoritma Prim Dan Kruskal Dalam Perencanaan Rute Wisata Yang Efisien. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 103. https://doi.org/10.32493/jsmu.v3i2.6706
Cindarbumi, F. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Kolaboratif Aktif (Ka)” Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pelajaran Matematika Pada Peserta Didik Program Kejar Paket C Pkbm Ki Hajar Dewantara Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 15–20. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.12
Didiharyono, D., & Soraya, S. (2018). Penerapan Algoritma Greedy Dalam Menentukan Minimum Spanning Trees Pada Optimisasi Jaringan Listrik Jala. Jurnal VARIAN, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.66
Fitri, A., Kurniawati, N., & Mubaroh, Z. (2021). Respon Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome). … : Jurnal Matematika Dan …, 4(September), 153–159. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/1099
Pariyani, S., & Fran INTISARI, F. (2022). Penentuan Semua Minimum Spanning Tree (Mst) Dengan Menggunakan Algoritma All Mst. Buletin Ilmiah Math. Stat. Dan Terapannya (Bimaster), 11(1), 185–194.
Ramadhan, Z., Zarlis, M., Efendi, S., Putera, A., & Siahaan, U. (2018). Perbandingan Algoritma Prim Dengan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Rute Terpendek (Shortest Path Problem). Jurikom), 5(2), 136–139.
Rismawati, R. (2017). Penerapan Minimum Spanning Tree (MST) pada Nilai Ujian Materi Statistika, Peluang, Trigonometri, dan Lingkaran. Jurnal Serambi Akademica, V(1), 13–24. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/265
Sa’adah, T. N., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2023). Pewarnaan Graf pada Penjadwalan UAS Program Studi Matrematika Unigiri Menggunakan Algoritma Welch Powell. PROXIMAL Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 14–24.
Sari, A. C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Dengan Model Pembelajaran Think Talk Write. Journal of Mathematics Education and Science, 1(April), 7–13. https://doi.org/10.32665/james.v1iapril.11
Wamiliana, Kurniawan, D., & N.F, C. S. (2014). Perbandingan Kompleksitas Algoritma Prim , Algoritma Kruskal , Dan Algoritma Sollin Untuk Menyelesaikan Masalah Minimum Spanning Tree. 2(1), 60–67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.