Pengaruh Model Pembelajaran Resik Berbantuan Alat Peraga Ketupat Berkedip terhadap Pemahaman Konsep Garis dan Sudut

Authors

  • Nur Setiyoningsih Universitas Islam Majapahit
  • Deka Anjariyah Universitas Islam Majapahit
  • Eka Wahyu Hidayati Universitas Islam Majapahit

Keywords:

RESIK, Ketupat Berkedip, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RESIK berbantuan alat peraga Ketupat Berkedip terhadap pemahaman konsep matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII-A SMPN 2 Mojoanyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar soal tes pemahaman konsep garis dan sudut, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data hasil tes pemahaman konsep menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model pembelajaran RESIK berbantuan alat peraga Ketupat Berkedip, dengan t hitung = -13,276 < t tabel = 1,70. Dengan demikian model pembelajaran RESIK berbantuan alat peraga “Ketupat Berkedip†berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika materi garis dan sudut siswa kelas VII-A SMPN 2 Mojoanyar tahun pelajaran 2015/2016.

References

Afrilianto. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. (Online). Vol.1. No.2 . (Diakses 9 Januari 2016).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Hlm 225.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Kurniawati, Eni. 2008. Usaha Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran
Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Haryani, Fitri. 2012. Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Perbandingan Fungsi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Vol.1. No.1. (diakses 20 Februari 2016).
Hidayat, P. 2015. Alat Peraga Edukasi dan Moving Class dalam Pembelajaran di SD/MI.
DIDAKTIKA Jurnal Ilmu Pembelajaran Ke-SD-an. 4(1).
Mahardhika, I. Wyn Tresna, I. Md. Suarjana & I Gst. Ngh. Japa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Resik Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Di Gugus V Kecamatan Gianyar. Mimbar
PGSD, 1. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1446.
Noviana, N.K., & Yuzianah, D. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif (RESIK) terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Ekuivalen. Pendidikan Matematika. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php./ekuivalen/article/view/978/933. 7(1).
Parwati, K. S., Wiarta, I. W., & Putra, M. 2013. Model Pembelajaran RESIK Berbasis Masalah Terbuka Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Gugus V dr. Soetomo Denpasar Selatan. Mimbar PGSD.1. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1315.
Setyo W, Indah. 2013. Pengembangan Buku Siswa dengan Pemdekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Topik Garis dan Sudut di SMP. Tulungagung : STKIP PGRI Tulungagung.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung :Tarsito.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sukayati & Suharjana Agus. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam
Pembelajaran di SD. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.
Tahmir, Suradi. 2007. Model Pembelajaran Resik Sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika Di SMP Yang Teachers Oriented Menjadi Student Oriented. Tersedia pada http://www.scribd.com/doc/825 263 88/Suradi-Model Pembelajaran Resik-Sebagai-Strategi#download (diakses tanggal 5 Januari 2016).

Downloads

Published

2018-09-30