Perubahan Sentimen Publik Terhadap Calon Gubernur Sumatera Utara Tahun 2024 Berdasarkan Data Twitter: Pendekatan Naive Bayes

Authors

  • Suvriadi Panggabean Universitas Negeri Medan
  • Dedy Kiswanto Universitas Negeri Medan
  • Nurul Maulida Surbakti Universitas Negeri Medan
  • Zainal Azis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Tua Halomoan Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v7i2.3468

Keywords:

Sentimen Publik, Naive Bayes, Twitter, Calon Gubernur, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sentimen publik terhadap calon gubernur Sumatera Utara pada pemilihan tahun 2024 menggunakan data Twitter. Fokus utama penelitian ini adalah dua kandidat, yaitu Edy Rahmayadi dan Bobi Nasution. Data yang digunakan mencakup 150 tweet per bulan dari periode Januari hingga Agustus 2024, yang diambil menggunakan API Tweet Harvest. Sentimen pada tweet tersebut diklasifikasikan menggunakan algoritma Naive Bayes ke dalam tiga kategori: positif, negatif, dan netral. Hasil analisis menunjukkan adanya fluktuasi sentimen publik yang signifikan setiap bulannya, terutama pada Juli dan Agustus 2024, yang mencerminkan perubahan persepsi publik terkait kedua calon gubernur tersebut. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memahami opini publik melalui media sosial sebagai salah satu indikator dalam konteks pemilihan politik.

References

Artanto, F. A. (2024). Analisis Sentimen Opini Publik terhadap Fenomena Bunuh Diri

Mahasiswa di Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Sains Teknologi dan

Sistem Informasi, 4(1), 70-77.

Damanik, A. R., Sumijan, & Nurcahyo, G. W. (2021). Prediksi Tingkat Kepuasan dalam

Pembelajaran Daring Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Sistem Informasi dan

Teknologi, 3(3), 88-94.

Lasulika, M. E. (2019). Komparasi Naive Bayes Support Vector Machine dan K-Nearest

Neighbor Untuk Mengetahui Akurasi Tertinggi Pada Prediksi Kelancaran Pembayaran TV

Kabel. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(1).

Lestari, S., Akmaludin, & Badrul, M. (2020). Implementasi Klasifikasi Naive Bayes Untuk

Prediksi Kelayakan Pemberian Pinjaman Pada Koperasi Anugerah Bintang Cemerlang.

Jurnal PROSISKO, 7(1).

Prasetyo, S. D., Hilabi, S. S., & Nurapriani, F. (2023). Analisis Sentimen Relokasi Ibukota

Nusantara Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan KNN. Jurnal KomtekInfo, 10(1), 1-

Priansyah, E., & Sutabri, T. (2024). Analisis Sentimen Berbasis Naive Bayes Pada Media

Sosial Twitter Terhadap Hasil Pemilu Indonesia 2024. IJM: Indonesian Journal of

Multidisciplinary, 2(3).

Retnosari, R. (2021). Analisis Kelayakan Kredit Usaha Mikro Berjalan Pada Perbankan

Dengan Metode Naive Bayes. Jurnal PROSISKO, 8(1).

Riyanah, N., & Fatmawati, F. (2021). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Klasifikasi

Penerima Bantuan Surat Keterangan Tidak Mampu. Jurnal Teknologi Informasi dan

Multimedia, 2(4), 206-213.

Watran, A. F., Puspita, A., & Moeis, D. (2020). Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk

Memprediksi Tingkat Penyebaran Covid-19 Di Indonesia. Journal of Applied Computer

Science and Technology (JACOST), 1(1), 7-14.

Zulfa, A., Ramadhani, F. E., Nawang, K., & Hanum, F. (2024). Perubahan Sentimen Publik

Terhadap Calon Gubernur 2024 Berdasarkan Data Twitter: Pendekatan Naive Bayes.

Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.

Downloads

Published

2024-10-21