Pengaruh Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 03 Polokarto Sukoharjo
Keywords:
Jigsaw, Prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Polokarto tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 03 Polokarto dan sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari dokumen Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil untuk uji keseimbangan awal dan tes untuk uji prestasi belajar setelah perlakuan. Berdasarkan data diperoleh rata-rata nilai tes prestasi belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 71,250 dan untuk kelas kontrol sebesar 66,125. Dari perhitungan uji-t diperoleh harga = 2,600 sedangkan harga = 1,999 dengan taraf signifikan 5%. Karena >, maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
. 2013. Prosedur Penelitian. Cet.Ke-15. Jakarta:Rineka Cipta.
Astutiningtyas, Laras Erika, Andhika Ayu Wulandari, Januar Budi Asmari. 2015. Perancangann Oktagram Sebagai Media Pembelajaran Geometri Sekolah Dasar. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 01, No. 02, Nopember 2015. Hal 187-194.
Hidajat, Djatmiko, Dewi Susilowati dan Mei Wijayanti. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Grogol Sukoharjo. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 01, No. 02, Tahun 2013. Hal 195-203.
Hidayah, Isnaini Nikken, Vina Dwi Riski, dkk. 2018. Pengaruh Penggabungan Metode Outdoor dengan Indoor Learning Menggunakan Sistem Sepur Selam. Jurnal Math Educator Nusantara. Vol. 4, No. 2. Nopember 2018, Hal. 168-176
Huda, Miftachul dan Alimufi Arief. 2013. Pengaruh Multiple Intelligences Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Kelas X di SMAN 1 Porong. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02, No. 03, Tahun 2013. Hal. 35
Ismail. 2012. Ilmu Pendidikan. Cet.Ke-1. Sukoharjo:Univet Bantara Press.
Ningsih, Sri Hartati, Budiyono dan Riyadi. 2013. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Sukoharjoâ€. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3521/2455 (diakses pada 25 November 2018)
Siagian, Roida, Eva, Flora. 2012. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2):122-131
Sugianto, Dian Armanto, dan Mara Bangun Harahap. 2014. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Dikdatik Matematika. Vol. 1, No. 1, April 2014. Hal. 96-128
Suprapti, Endang. 2018. Penerapan Teori Belajar Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Majamath. Vol.1, No. 1, Maret 2018. Hal. 25-32
Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Taufiq. 2018. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Makasar. Majamath. Vol. 1, No. 2, September 2018. Hal. 84-89
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.