Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah
Keywords:
Pengembangan, Geogebra, ClassFlow, Integral Luas DaerahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran untuk peserta didik SMA Kelas XI materi integral luas daerah berbantuan software GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menggunakan model Thiagarajan. Uji coba dilakukan pada 31 peserta didik kelas XI di SMAN 1 Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,91 dengan kategori valid ditafsirkan “sangat tinggi†dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 92,64% yang berarti kategori “sangat baik†dengan penggunaan angket respon peserta didik, dan tes efektif menunjukkan hasil 80,65% atau 25 dari 31 peserta didik mendapatkan nilai diatas KKM dengan kategori “Baikâ€. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika interaktif online ClassFlow berbantuan software GeoGebra pada materi integral luas daerah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dan dapat untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
References
Arbain, N. dan Shukor, N. A. 2015. The effects of GeoGebra on students’ achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172: 208 – 214.
Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fachri, M. 2006.“E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Modernâ€. Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 2, no. 1, pp. 40-46.
Fatoni, M. Faizal. 2017. “Pengembangan Media Pembelajara Interaktif Online Menggunakan Kelaskita Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadratâ€. Kadigma, vol. 8, no. 2, pp. 24-33.
Kusumaningtyas, N., D. Trapsilasiwi, and A. Fatahillah, 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Desmos Pada Kelaskita Materi Program Linier Kelas XI SMA,†Kadigma, vol. 9, pp. 118–128.
Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf [diakses 27 November 2018].
Murtikusuma, R. P. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deretâ€, Saintifika, vol. 17, no. 2, pp. 20–33.
Murtikusuma, R. P., A. Fatahillah, E. Oktavianingtyas, S. Hussen, and N. Lailiya, 2019. “The development of interactive mathematics learning media based on schoology and visual basic through industrial revolution 4.0,†IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 243, no. 1, pp. 0–6.
Oktavianingtyas, E., F. S. Salama, A. Fatahillah, L. A. Monalisa, and T. B. Setiawan. 2018. “Development 3D Animated Story as Interactive Learning Media with Lectora Inspire and Plotagon on Direct and Inverse Proportion Subject,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1108, no. 1,.
Promethean World, 2014. “ClassFlow,†[Online]. Available: https://www.prometheanworld.com/gb/products/lesson-delivery-software/classflow/. [Accessed: 21-Nov-2018].
Ramirez, C. P. and M. G. Andres. 2017. “Educational Apps and Learning Based Platforms and Its Pedagogical Use From Primary To Higher Levels,†Congr. Int. Innovación Educ. en Edif., no. March.
Sidiq, M., Zulfiati, M. Hartati, Suyitno, and B. Endry, 2019. “Media Pembelajaran Matematika Menyongsong Industry 4.0: Tinjauan literatur sistematis untuk analisis kebutuhan,†January.
Soviawati, E. 2011. “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasarâ€. Jurnal Khusus, vol. 1, no. 2, pp. 79-85.
Zubaidah, A. R. 2016. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswa Pressindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.