Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v3i2.557Keywords:
kemampuan berpikir kreatif, pemetaan pikiranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII pada materi statistika melalui penerapan metode mind mapping. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus Islamic Village tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode eksperimen Pemilihan sampel dengan cara probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan asumsi seluruh anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel penelitian. Pengambilan data diperoleh melalui instrumen bantu I berupa tes tertulis untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang terdiri dari tujuh soal dan instrumen bantu II berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII masih tergolong rendah.
References
Armandita,P., Wijayanto, E., Rofiatus, L.,& Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Journal UNY, 10(2), 129-135.
Buzan, T. (2006). Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Davies W. Martin. (t.thn.). Concept Mapping, Mind Mapping and Argument Mapping: What are the Differences and Do They Matter?
Dewi, N., Riandi. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Journal UIN Jakarta, 8(1), 98-107.
Erdem, A. (2017). Mind Maps as a Lifelong Learning Tool. Universal Journal of Education Research 5(12A):1-7, 2017.
Fadhilaturrahmi (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester IIA PGSD Mata Kuliah Pendidikan Matematika SD Kelas Rendah. Journan Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 112-121.
Firdausi, Y.N., Asikin .M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Elicting Activities (MEA). Journal Unnes, 1(1), 239-247.
Folland, G. (2011). Communication in the Mathematical Sciences.
Hanipah, N., Yuliani, A., Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs Pada Materi Lingkaran. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 7(1), 80-86.
Karim. (2013). Berpikir Kreatif Siswa Membuat Koneksi Matematis Dalam Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Procecding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY.
Krisiandi. (2016). Daya Imajinasi Siswa Lemah. Kompas.
Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika . Bandung: PT. Rafika Aditama.
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (5)11, 1-11.
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Prosdakarya.
Nurmasari, N., Atmojo, T.K , dan Riyadi. 2014. Analisis berpikir kreatif siswa dalam Menyelesaikan masalah matematika pada Materi peluang ditinjau dari gender siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 351 – 358.
Parikh, D. N., 2016. Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148-156
Putra, H. D, dkk, 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Jurnal Kreano, 9 (1), 47-53.
Polat, O., Yavuz, E. A., & Ozkarabak, A. B., 2017. The Effect Of Using Mind Maps On The Development Of Maths And Science Skills. Cypriot Journal of Educational Sciences, 12(1), 32-45
Sugilar, H. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Diposisi Matematika siswa Madrasah Tsanawiyah melalui Pembelajaran Generatif. Bandung: UPI.
Winda, A., Sufyan, P., & Elah, N. (2018). Analysis of Creative Mathematical Thinking Ability by Using Model Elicting Activities (MEAs). Journal of Physics, 1013(1), 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.