Pembentukan Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Matematika melalui Penerapan Supercamp
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.60Keywords:
IKIP PGRI Pontianak, Pendidikan Matematika, Supercamp, Kepercayaan DiriAbstract
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kepercayan diri dan peningkatan indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika melalui penerapan supercamp. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengolahan data secara deskriptif dan inferensial. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design, Rancangan penelitian ini adalah one group postest only design dengan postest berupa soal ujian akhir (UAS) mahasiswa sesuai semester masing-masing. hasil penelitian yang diperoleh adalah supercamp membentuk kepercayaan diri mahasiswa, akan tetapi dengan kepercayaan diri yang sudah terbentuk, indeks prestasi mahasiswa tidak meningkat walaupun Secara statistik deskriptif rata-rata indeks prestasi ada perbedaan sebesar 0,02.
References
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Psikologi Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Hamzah, Uno. 2014. Teori Motivasi dan Pengukuran. Jakarta: PT BumiAksara
Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise, Jubilee. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Safitri, Dwi. 2010. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial Mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. Skripsi Sarjana Psikologi UIN Malang. Tidak diterbitkan.
Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?.Yogyakarta: Parasmu.
Sugiyanto. 2010. Model-model pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2010. StatistikUntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.