Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik

Authors

  • Yulistiana Yulistiana UIN Raden Intan Lampung
  • Achi Rinaldi UIN Raden Intan Lampung
  • Abi Fadila UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.834

Keywords:

Modul pembelajaran matematika, Pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan dan Mengetahui kualitas  modul pembelajaran matematika pada materi lingkaran berbasis saintifik ditinjau dari kevalidan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan prduk, berupa modul yang dikembangkan dengan berbasis saintifik.  Dalam pengembangan modul ini peneliti mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap  (Define, Design, Development, dan Disseminate) yaitu:  (1) Define yang meliputi observasi langsung pada siswa di lapangan, (2) Design yang meliputi penyusunan modul dari aspek isi, bahasa, saintifik yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, (3)  Development yang meliputi tahap pembaharuan produk awal yang telah diselesaikan dan kemudian diperbaiki, (4) Disseminate ialah tahap penggunaan prduk yang telah diperbaiki kemudian disebarluaskan ke lapangan., berdasarkan hasil angket respon siswa dan hasil evaluasi oleh ahli materi dan ahli media, efektif dengan ketuntasan hasil belajar yang sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis saintifik ini berhasil dikembangkan manjadi bahan ajar yang lebih baik karena telah disusun sesuai dengan kebutuhan siswa dan mampu memberikan kebermanfaatan bagi pembelajaran.

 

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.
Alifah, S., Narsih, D., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Metode Partisipatori Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Smk. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1).
Husni, M. (2018). Pendidikan Islam Dalam Mambangun Etika Peradaban; Sebuah Kajian Diskurtif. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 28–40.
Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.\
Karlina, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar PAI Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Iman Kepada Mlaikat-Malaikat Kelas VIII Di SMP N 5 Bandar Lampung.
Khasanah, B. A., & Fadila, A. (2018). Pengembangan Lkpd Geometri Transformasi Dengan Motif Tapis Lampung. JURNAL e-DuMath, 4(2), 59.
Kurniawan, A. (2016). Bentuk Perubahan Kesenian Tari Jathilan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. ADITYA-Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, 8(2), 31–32.
Lukman, L., & Ishartiwi, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–122.
Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.
Mastur. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 50–64.
Mawardi, I. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Global (Sebuah Ide Reformulasi Kurikulum Pendidikan Islam). Jurnal Fakultas Agama Islam.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Noor, A. (2019). Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di era digital. Prosiding Seminar Nasional Prodi PAI UMP.
Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 40–45.
Pramesty, R. I. (2013). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).
Realita, A., Sukarmin, S., & Sarwanto, S. (2016). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(3), 113–121.
Sari, N. (2014). Re-Design Kurikulum Ekonomi Syariah Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 2(3), 135–154.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102.
Siti Nurhasanah, & A.Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135–142.
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, 3, 1–12.
Suda, I. K. (2016). Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Universitas Hindu Indonesia.
Suharni, S. (2015). Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1).
Sulistyaningrum, D. E., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan modul berbasis model pembelajaran arias untuk memberdayakan motivasi dan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 104–116.
Supriadi, S. (2017). Konsep Pembaruan Sistem Pendidikan Islam Menurut Muhammad ‘Abduh. Kordinat Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 15(1), 31–60.
Wibowo, B. (2015). Analisis Tipologi Adaptasi Robert K. Merton Dalam Implementasi Pendekatan Saintifik Oleh Guru Di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 5(2), 164534.
Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 100–117.
Wiyanto. (2003). Pendekatan Saintifik pada perkuliahan dengan E-learning. 217–229.

Downloads

Published

2021-03-25