Analisis Pengaruh Variasi Sudut Derajat Primary Pulley Terhadap Peningkatan Torsi Dan Daya Pada Kendaraan Dengan Sistem Continuous Variable Transmission

Authors

  • Komang Adhi Indrawan Saputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Wiratmaja Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v3i2.1544

Keywords:

primary pulley, torsi, daya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performansi kendaraan berupa torsi dan daya menggunakan variasi sudut derajat 14º, 13,25º, dan 13º. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metoe eksperimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan uji analisis anova satu jalur dengan menganalisa data torsi dan daya pada motor Beat FI ESP 108 cc Tahun 2016 yang menggunakan sudut derajat primary pulley dengan variasi 14º, 13,25º, dan 13º. Pengambilan data meggunakan alat Dynotest  dengan lima kali pengulangan. Pengujian dilakukan pada setiap putaran mesin dari 3000 sampai 4500 rpm. Setelah dilakukannya pengujian ternyata ditemukan adanya pengaruh variasi sudut derajat primary pulley terhadap nilai torsi dan daya pada sepeda motor. Jika dibandingkan dengan unit standar atau sebelum dilakukan variasi sudut derajat primary pulley (14°), maka pada sudut derajat variasi 13,25 rata-rata peningkatan nilai torsi yaitu 12,112 atau sebesar 1,35% dan rata-rata peningkatan nilai daya yaitu 5,96 Hp atau sebesar 1,02%. Sedangkan pada sudut derajat variasi 13° rata-rata peningkatan nilai torsi yaitu 12,94 atau sebesar 8,28% dan rata-rata peningkatan nilai daya yaitu 6,38 Hp atau sebesar 8,13%.

References

Hasan Maksum, D. (2019). Teknologi Motor Bakar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Purnomo, T. B. (2013). Perbedaan Performa Motor Berbahan Bakar Premium 88 Dan Motor Berbahan Bakar Pertamax 92.

Susena, A. T., Wigraha, A., & Dantes, R. (2017). Roller Terhadap Torque dan RPM Pada Motor Ganesha Electric Vehicles 1 . 0 Base Continous Variable Transmision (CVT) Singaraja , Indonesia. Jurnal Jurusan Teknik Mesin, 7(1).

Wibawa, R. A. (2018). Pengaruh Perubahan Sudut Primary Pulley Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor 4 Langkah Automatic Transmission. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(1 mei), 1–9.

Wijaya, D. A., Dantes, K. R., & Nugraha, I. N. P. (2021). Analisis Pengaruh Bentuk Slidding Roller Terhadap Torsi dan Daya Kendaraan Berbasis Continously Variable Transmission. 2(2), 52–58.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Saputra, K. A. I., Dantes, K. R., & Wiratmaja, I. G. (2021). Analisis Pengaruh Variasi Sudut Derajat Primary Pulley Terhadap Peningkatan Torsi Dan Daya Pada Kendaraan Dengan Sistem Continuous Variable Transmission. Majamecha, 3(2), 112–120. https://doi.org/10.36815/majamecha.v3i2.1544

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)