Rancang Bangun Kendaraan Listrik Prototipe Roda 3 Enggang EV ITK

Authors

  • Hadhimas Dwi Haryono Institut Teknologi Kalimantan
  • Kholiq Deliasgarin Radyantho Institut Teknologi Kalimantan
  • Eka Yoga Wiratmoko Institut Teknologi Kalimantan
  • Oky Saputra Institut Teknologi Kalimantan
  • Ega Febyna Kan Institut Teknologi Kalimantan
  • Tri Suci Setyandari Institut Teknologi Kalimantan
  • Adnan Rusdan Institut Teknologi Kalimantan
  • Firman Cahyadi Institut Teknologi Kalimantan
  • M.Hakim Fadhillah Institut Teknologi Kalimantan
  • Shah Dzaky Dhiyaulhaq Institut Teknologi Kalimantan
  • Surya Saputra Institut Teknologi Kalimantan
  • M. Wahyu Nugroho Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.2991

Keywords:

aerodinamika, coefficient of drag, sasis, performa, motor listrik

Abstract

Persediaan bahan bakar sebagai sumber energi yang semakin menipis sementara kebutuhan energi meningkat menyebabkan energi menjadi permasalahan hampir di seluruh negara termasuk Indonesia. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut dengan melakukan riset pengembangan mobil listrik dan mobil hemat energi yang ramah lingkungan. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Enggang EV mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dengan mengembangkan mobil listrik hemat energi kelas prototipe roda 3 yang ramah lingkungan. Desain kendaraan dimulai dari desain body dan sasis dengan bantuan Computer Aided Engineering (CAD), simulasi aerodinamika dan kekuatan sasis, perhitungan gaya-gaya kendaraan, serta uji performa kendaraan. Berdasarkan simulasi didapatkan nilai Cd enggang proto 3 sebesar 0,16, dan kemampuan sasis untuk menahan tegangan cukup baik dilihat dari nilai tegangan hasil simulasi sebesar 42 Mpa serta nilai keamanan minimum 4,2. Perhitungan mengungkapkan daya motor yang dibutuhkan adalah 192, 47 watt dan torsi sebesar 27,23 Nm. Sehingga dipilih motor listrik BLDC dengan 36 volt dan daya 250 watt. Hasil uji performa menunjukkan nilai akselerasi terbaik 0,96 m/s2 pada jarak 10 meter, nilai deselerasi terbaik pada jarak 20 meter adalah 12,34 m/s2 dan efisiensi rata-rata kendaraan sebesar 4,22 Km/Kwh.

References

Ahmed, H., dan Chacko, S., (2012), Computational Optimization of Vehicle Aerodynamics, DAAM, Vol. 23 pp. 6.

Andriansyah, D., dan Sutantra, I. N. (2016). Analisis Pengaruh parameter operasional Dan Penggunaan stabilizer TERHADAP Perilaku Arah belok mobil toyota Fortuner 4.0 V6 SR (at 4x4). Jurnal Teknik ITS, 5(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.20356

Arisendi, D. L. (2017). Perhitungan Ulang Chassis Mobil Nogogeni 3 Evo Untuk Shell Eco Marathon Asia 2017. Jurnal Teknik ITS.

Ehsani, M., Gao, Y., Longo, S., & Ebrahimi, K. (2018). Modern Electric, Hybrid Electric, and Fuel Cell Vehicles (3rd ed.). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9780429504884

Jan, S. (2013). Minimizing the fuel consumption of a vehicle from the Shell Eco-marathon: A numerical study. ESAIM: Control, Optimisation and Calculus of Variations, 19(2), 516–532. https://doi.org/10.1051/cocv/2012019

Oymak, Y. A., & Feyzullahoglue, E. (2021). Formula student race car chassis design and analysis. Journal of Advanced Research in Natural and Applied Sciences, 7(2), 201–218. https://doi.org/10.28979/jarnas.957134

Pradana, T. R. (2016). Analisis Perilaku Arah Kendaraan Dengan Variasi Posisi Titik Berat, Sudut Belok, dan Kecepatan Pada Mobil Formula Sapu Angin Speed 3. Jurnal Teknik ITS.

Puskar, M., Fabian, M., & Tomko, T. (2018). Application of multidimensional statistical model for evaluation of measured data obtained from testing of the HCCI engine prototype. Diagnostyka, 19(1), 19–24. https://doi.org/10.29354/diag/78349

Witantyo, Sutikno, Diva Aulia and Habibie Rahman. (2016). Modelling of Shell Eco-Marathon vehicle based on drive-train characteristic and driver modes to predict fuel consumption of the vehicle on a specific track. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences

Yusup, M. M., & Djafar, A. (2018). Perancangan Rangka Tubular Space Frame Kendaraan listrik FSAE-ITK Ditinjau Dari Simulasi Finite Element Analysis (FEA). 1–10.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Haryono, H. D., Radyantho, K. D., Wiratmoko , E. Y. ., Saputra , O. ., Kan , E. F. ., Setyandari , T. S. ., Rusdan , A. ., Cahyadi , F. ., Fadhillah , M. ., Dhiyaulhaq , S. D. ., Saputra, S. . ., & Nugroho, M. W. . (2023). Rancang Bangun Kendaraan Listrik Prototipe Roda 3 Enggang EV ITK. Majamecha, 5(2), 135–148. https://doi.org/10.36815/majamecha.v5i2.2991

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)