Pengaruh Turbocharger terhadap Tekanan Efektif Rata-Rata dan Batas Asap pada Mitsubishi Canter FE73 110 PS
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v2i2.901Keywords:
turbocharger, daya, performasi motor bakarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh turbocharger terhadap performansi motor bakar diesel berdaya 110 PS dengan menghitung performansi motor bakar diesel kendaraan Mitsubhisi Canter FE73 dan untuk mengetahui besarnya pemakaian konsumsi bahan bakar saat dengan beban muatan medan tanjakan dengan menggunakan turbocharger serta emisi gas buang. Turbocharger yang digunakan berkapasitas mesin 1,8 liter pada putaran 2000 rpm. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan turbocharger pada 2000 rpm, diperoleh tekanan efektif rata-rata maksimum sebesar 9,20 kg/cm2 dan tanpa turbocharger sebesar 8,30 kg/cm2, sedangkan batas asap pada mesin yang menggunakan turbocharger hasil pengukuran batas asap maksimum 2,07g/m3, sedangkan tanpa turbocharger sebesar 4,53g/m3.
References
Arismunandar,W, “Motor Bakar Torak”, Cetakan Ketiga, Penerbit ITB, Bandung, 1988.
Bernard Challen dan Rodica, ” Diesel Engine Reference Book”. 2nd edition, Jordan Hill, Oxford, 1999.
Cappenberg, A.D. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Solar Biosolar dan Pertamina Dex Terhadap Prestasi Motor Diesel Silinder Tunggal. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ Edisi terbit II – Oktober 2017.
Edward F. Obert, “Internal Combustion Engines”, third edition, International Europhysics Conference High Energy Physics. Springer Nature.
M.F. Ferreira da Silva. (2012). Some Considerations about Thermodynamic Cycles. European Journal of Physic.
Mafruddin, M, Segara, C.G. Dharma U.S. (2019). Motor dengan Sistem Vaporasi Bahan Bakar, Turbo: Jurnal Program Studi Teknik Mesin
Meherwan P Boyce, “Gas Turbin Engineering Hanbook, second edition”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Majamecha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.