ANALISIS ISI PESAN NILAI SOSIAL DALAM IKLAN BUKALAPAK.COM PERIODE BULAN JANUARI 2017 – BULAN APRIL 2018

Penulis

  • Agus Rohmawati Ilmu Komunikasi Fisip-Universitas Islam Majapahit
  • Fatihatul Lailiyah Ilmu Komunikasi Fisip-Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

Analisis Isi, Nilai Sosial, Iklan, Bukalapak.com

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Bukalapak.Com Periode Bulan Januari 2017 – Bulan April 2018”. Penelitian ini memilih bukalapak.com karena iklan bukalapak.com berbeda dengan online shopping lainnya, yang dimana bukalapak dalam mengiklankan produknya tidak hanya mengiklankan produk barang atau jasanya saja, tetapi juga menggabungkan iklannya dengan memberikan pesan-pesan nilai sosial yang menyentuh dan menarik agar dapat menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan nilai sosial yang terkandung dalam iklan Bukalapak.com periode bulan Januari 2017 – bulan April 2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode analisi isi deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengkategorikan iklan bukalapak.com berdasarkan jenis iklan. Kemudian setelah menemukan iklan yang mengandung pesan sosial dianalisis dengan menggunakan kategori nilai sosial. Hasil penelitian dalam iklan bukalapak yang mengandung pesan nilai sosial yaitu iklan bu Linda, iklan belah pinggir x belah tengah, dan iklan terima kasih ibu. Nilai sosial yang terdapat dalam iklan bu Linda, iklan belah pinggir x belah tengah, dan iklan terima kasih ibu, yaitu : nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup. Nilai kasih sayang yang terdiri atas pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan dan kepedulian. Nilai tanggung jawab terdiri atas nilai rasa memiliki, disiplin dan empati. Selanjutnya  nilai Keserasian hidup terdiri atas  nilai keadilan, toleransi, kerjasama dan demokrasi. Implikasi nilai-nilai sosial dalam iklan tersebut dapat di ambil pesan-pesan nilai sosial yang positif didalamnya oleh para masyarakat, diantaranya yakni dapat dijadikan contoh untuk menyadarkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan bersosial dan bersikap terhadap sesama. Dengan adanya Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam iklan tersebut membuat masyarakat sadar mengenai sikap nilai-nilai sosial positif yang dapat diambil contoh seperti nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab, dan nilai keserasian hidup dalam masyarakat.

 

This study is entitled "Content Analysis of Social Value Messages in Bukalapak.Com Ads for the Period of January 2017 - April 2018". This research chooses bukalapak.com because bukalapak.com advertisement is different from other online shopping, in which bukalapak in advertising its products not only advertises products or services, but also combines their advertisements by giving messages of touching and attractive social values ??in order to attract audience attention. This study aims to determine the content of social value messages contained in Bukalapak.com advertisements for the period of January 2017 - April 2018. The method in this study is a descriptive qualitative content analysis method. Data collection techniques are carried out by library research and documentation. The data analysis technique used in this study is to categorize bukalapak.com ads based on the type of advertising. Then after finding ads that contain social messages are analyzed using social value categories. The results of the research in Bukalapak advertisements that contain social value messages are Mrs. Linda advertisement, middle side x side split advertisement, and thank you mother's advertisement. The social values ??contained in Mrs. Linda's advertisement, middle side x side cleft advertising, and thank you mother's advertisement, namely: the value of affection, the value of responsibility, and the value of harmony in life. The value of compassion consists of dedication, help, family, loyalty and caring. The value of responsibility consists of the value of ownership, discipline and empathy. Furthermore, the value of harmony in life consists of the values ??of justice, tolerance, cooperation and democracy. The implication of social values ??in the advertisement can be taken positive social value messages in it by the community, which can be used as an example to make people aware of their social life and attitude towards others. The existence of social values ??contained in the advertisement makes the public aware of the attitude of positive social values ??that can be taken as examples such as the value of affection, the value of responsibility, and the value of harmony in life in society.

Referensi

Teknopreneur, Www.Teknopreneur.Com, Infografis Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Diakses pada tanggal 1 juni 2018.
Bungin Burhan, 2008. Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Eriyanto, 2011. Analisis Isi Pengantar Metodelogi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya,Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A, 1990. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Prof. Dr. Khomsahrial Romli, M.Si. 2016. Komunikasi Massa.

Zubaedi, 2006. Pendidikan berbasis masyarakat.
Sandra Moriaty,dkk, 2011. Advertising, Kencana, Jakarta.

Kriyantono Rachmad, Ph.D.2013.” Manajemen Periklanan Teori Dan Praktek”.

Bukalapak. http://id.wikipedia.org. Diakses pada tanggal 7 agustus 2018.

Bungin, Burhan,2010. Penelitian Kualitatif,Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Politik Dan Ilmu Sosial Lainnya, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Jurnal
Holmes Johansen Sinaga, “Analisis Isi Pesan Sosial Dalam Iklan Pepsodent Di Televisi. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Sumber lain:
Teknopreneur, Www.Teknopreneur.Com, Infografis Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Diakses pada tanggal 1 juni 2018.
Rama Mamuaya. Long Overdue, E-Commerce Group Bukalapak Finally Support Online Payment. 2012.
Bukalapak. http://id.m.wikipedia.org/wiki/bukalapak. Diaksespadatanggal 22 Mei 2018.
Giri wahyu pambudi. Kisah sukses akhmad zaky ceo dan pendiri bukalapak.com. http://www.cronyos.com/kisah-sukses-akhmad-zaky-ceo-dan-pendiri-bukalapak-com/ diakses pada tanggal 5 juni 2018.
Bukalapak. http://id.wikipedia.org. Diakses pada tanggal 7 agustus 2018

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-18