PAWITRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika <p><strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong>&nbsp;adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi ilmu komunikasi Universitas Islam Majapahit secara periodik pada bulan Juni dan Desember. <strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong> memuat tulisan hasil penelitian, tinjauan teoritik/konseptual, serta&nbsp;kajian kritis menyangkut fenomena komunikasi&nbsp;dalam dunia jurnalistik, hubungan masyarakat,&nbsp;<em>Coorporate Social responsibility (CSR),</em>&nbsp;media massa konvensional, media baru dan sosial humaniora. Tujuan penerbitan&nbsp;<strong>PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora</strong>&nbsp;antara lain untuk memasyarakatkan ilmu komunikasi dan bagi kepentingan pembangunan bangsa. Sasaran penyebarannya ditujukan kepada akademisi, para peneliti, litkayasa, para praktisi bidang komunikasi, bidang sosial humaniora dan masyarakat umum.</p> id-ID matsnaalmuna@gmail.com (Masnia Ningsih) tututsinggihsugiantoro@gmail.com (Tutut Singgih Sugiantoro) Sab, 29 Jun 2024 00:00:00 -0400 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN PARTISIPAN DALAM DIFERENSIASI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK IPAL CV. MUJI PERKASA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/3429 <p>Meningkatnya limbah cair dari sektor industri dan rumah tangga telah meningkatkan permintaan air bersih dan memperlambat pemulihan lingkungan. Berdasarkan Laporan Kinerja Direktorat Pengendalian Pencemaran Air 2023, pencemaran akibat limbah cair masih tinggi, dan upaya pemerintah belum mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan alat seperti IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) untuk mengolah limbah cair menjadi air bersih sebelum dibuang ke lingkungan. IPAL merupakan produk dengan bentuk dan nilai tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari peran partisipan dari unsur komunikasi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk IPAL oleh CV. Muji Perkasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan situasi tanpa menguji hipotesis atau membuat prediksi. Penelitian ini menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran 7P untuk menjelaskan diferensiasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi komunikasi pemasaran pada produk IPAL perusahan produsen ini salah satunya terletak pada partisipan. Dalam unsur partisipan ini Dikertur Utama perusahaan produsen IPAL ini melatih tim teknisi sendiri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Supaya konsumen mendapatkan layanan yang maksimal dan meningkatkan loyalitas pelanggan.</p> Achmad Diky Kurniawan, Ratnaningrum Zusyana Dewi, Moch. Ichdah Asyarin Hayau Lailin Hak Cipta (c) 2024 PAWITRA KOMUNIKA : Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/pawitrakomunika/article/view/3429 Min, 22 Des 2024 00:00:00 -0500