Rancangan Strategi Kolaborasi Pengembangan UMKM Kripik “ASA” Menggunakan Metode SWOT
DOI:
https://doi.org/10.36815/jurva.v1i01.1340Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pengembangan, KolaborasiAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor – factor kekuatan, peluang, kelemahan, ancaman pada UMKM ASA dan menenentukan strategi kolaborasi yang optimal dalam pengembangan dan meningkatkan daya saing UMKM keripik ubi “ASA”. Informasi yang dipilih adalah UMKM Keripik Ubi “ASA” di Desa Sajen Kecamatan Pacet. Analisis yang di gunakan adalah analisis SWOT dan penelitian riset sistem informasi dari Havner dkk. (2004).Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1 Startegi Pengembangan UMKM keripik ubi “ASA” yang harus di terapkan oleh usahanya : Menjaga kualitas produk keripik ubi yang berbahan baku alami berkualitas tinggi dan bergizi untuk memenuhi permintaan keripik ubi jalar, melakukan perbaikan sistem manajemen industry, memperkuat jaringan dan meningkatkan pemasaran, melakukan pengoptimalan biaya produksi, mengupayakan ketersedian bahan baku secara berkelanjutan, melakukan pengembangan pada produk. 2 Perancangan strategi kolaborasi ada 3 antara lain : kolaborasi klaster industry sesama UMKM kripik, kolaborasi upstream dan dwonstream, kolaborasi kopetensi.
Kata kunci: Analisi SWOT , Strategi Pengembangan, Kolaborasi