Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah dengan Sistem Zonasi di SMA Negeri Kabupaten dan Kota Mojokerto Berbasis Web

Authors

  • Gugut Indartak Universitas Islam Majapahit
  • Yesy Diah Rosita Universitas Islam Majapahit
  • Soffa Zahara Universitas Islam Majapahit

Keywords:

pendidikan, pendaftaran, jarak, persebaran

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Berdasarkan pada penjelasan tersebut maka Dinas Pendidikan Republik Indonesia mencoba membuat peraturan zonasi terhadap Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri, Peraturan zonasi penerimaan peserta didik ini menyajikan poin-poin penting tentang penyelenggaraan bidang pendidikan. Adanya sistem zonasi maka siswa diharuskan untuk mendaftar di sekolah terdekat melalui sistem zonasi. Tak ada lagi siswa pintar terkumpul di satu sekolah, yang selama ini disebut sekolah favorit. Pada penelitian ini dibuat suatu Sistem Informasi Geografis berbasis web untuk menentukan zonasi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten dan Kota Mojokerto. Zonasi dilakukan terhadap sekolah berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 44 tahun 2019. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah radius jarak, sehingga mendapatkan cakupan yang dapat digunakan untuk mengindentifikasi objek berdasarkan jarak sehingga menghasilkan garis dari lokasi rumah calon siswa sampai ke lokasi SMA tujuan. Hasil penelitian berupa Sistem Informasi Geografis untuk menentukan sistem zonasi Sekolah Menengah Atas Negeri berbasis web yang dapat menentukan jarak lokasi calon siswa sampai ke lokasi SMA yang dituju serta menampilkan informasi suatu SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Mojokerto. Selain itu, calon siswa dapat mencetak hasil dari hitung jarak tersebut.

Downloads

Published

2021-06-23

How to Cite

Indartak, G., Rosita, Y. D., & Zahara, S. (2021). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah dengan Sistem Zonasi di SMA Negeri Kabupaten dan Kota Mojokerto Berbasis Web. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 1(1), 16–21. Retrieved from https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/submit/article/view/1198

Issue

Section

Articles