Aplikasi Manajemen Resto pada Wisata Pacet Mini Park

Authors

  • Ryan Aditya Kusuma Universitas Islam Majapahit
  • Mimin Fatchiyatur Rohmah Universitas Islam Majapahit
  • Yanuarini Nur Sukmaningtyas Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v1i2.1728

Keywords:

resto, pemesanan, qr code

Abstract

Wisata Pacet Mini Park merupakan tempat wisata yang memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Banyak tersedia area taman bermain, kolam renang, fasilitas lainnya yang ada di tempat Wisata Pacet Mini Park. Namun salah satu yang menjadi perhatian wisatawan adalah sebuah Resto. Berdasarkan sistem yang berjalan di Resto Wisata Pacet Mini Park saat ini masih memiliki beberapa permasalahan dalam pelayanan,diantaranya pemesanan di resto masih di catat secara manual, akan tetapi pelayanan tersebut di anggap lambat dan kurang akurat yang akan sangat mempengaruhi kualitas dari resto tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Aplikasi Manajemen Resto Pada Wisata Pacet Mini Park yang dapat melakukan reservasi dengan smartphone android milik pengunjung. Dalam penelitian ini akan mencoba mengubah pemesanan menjadi lebih baik secara cepat dan akurat. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, pemesanan akan memanfaatkan sebuah teknologi dengan menggunakan QR Code. QR Code merupakan teknologi yang sudah banyak pada sebuah sistem operasi android. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan metode waterfall. Analisis yang dilakukan mencakup analisis sistem yang berjalan dan analisis sistem yang diusulkan. Jadi hasil yang dicapai dengan adanya QR Code diharapkan pengunjung lebih terbantu dan tidak memerlukan karyawan untuk melayani sehingga menjadi pelayanan resto menjadi cepat, tepat, dan akurat.

References

Ainur. (2020). METODE WATERFALL: Pengertian, Kelebihan & Tahapan Model Waterfall. https://salamadian.com/metode-waterfall/

FAISAL, M. A. F. A. (2020). PEMANFAATAN KODE QR PADA PENINGKATAN PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN. Health Evaluation and Promotion, 47(1), 248–250. https://doi.org/10.7143/jhep.47.248

Nugroho, A. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process ). In Penerbit ANDI.

Oktafianto, M. M. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. In Penerbit Andi.

Riadi, M. (2017). Pengertian, Jenis dan Sistem Pelayanan Restoran. Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-jenis-dan-sistem-pelayanan-restoran.html#top

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. In Yogyakarta:ANDI.

Wibisurya, A. (2018). Pengenalan QR Code. https://socs.binus.ac.id/2018/12/15/pengenalan-qr-code/

Wicaksono, M. F., & Hamsir, I. K. (2019). Sistem Informasi Reservasi Restoran. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 9(1), 9–16. https://doi.org/10.34010/jamika.v9i1.1534

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. In Yogyakarta: Deepublish.

Yudhanto, Y. (2019). Pengantar Teknologi Internet Of Things. In UNS Press.

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

Kusuma, R. A., Rohmah, M. F., & Sukmaningtyas, Y. N. (2023). Aplikasi Manajemen Resto pada Wisata Pacet Mini Park. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.36815/submit.v1i2.1728