Pembuatan Game Side Scrolling 2D “Perjuangan Ranggalawe Untuk Kerajaan Majapahit” Berbasis Android

Authors

  • Princess Viola Jessica Effendy Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Yanuarini Nur Sukmaningtiyas Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.2405

Keywords:

Ranggalawe, Kerajaan Majapahit, game, MDLC

Abstract

Akhir – akhir ini banyak masyarakat kurang mengetahui akan sejarah kerajaan yang ada diindonesia salah satunya adalah cerita akan Kerajaan Majapahit yang didirikan oleh Raden Wijaya dengan bantuan dari para pengikutnya, salah saatunya adalah Ranggalawe. Dikarenakan proses pengenalan sejarah diindonesia saat ini masih menggunakan media dari buku sejarah atau dengan video. Hal tersebut kurang menarik minat masyarakat untuk mengenal akan sejarah yang ada. Namun masyarakat lebih mengetahui akan sejarah dari luar negeri karena cerita sejarah tersebut diadaptasi kedalam sebauh game. Game sendiri adalah sebuah alat alternatif untuk media belajar serta media hiburan bagi masyarakat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatkanlah game “Perjuangan Ranggalawe untuk Kerajaan Majapahit” yang bertujuan untuk menumbuhkan minat masyarakat akan mengenal sejarah melalui media yang banyak diminati oleh masyarakat. Untuk pembuatan game perjuangan Ranggalawe ini menggunakan software Unity Game Engine dengan bahasa pemrograman C#. Game ini dibuat dengan menerapkan metode Multimedia Development Lite Cycle (MDLC). Penelitihan ini diuji dengan black box dan kuesioner yang diujikan kepada 30 anak untuk menjadi sampel. 86,667% pengguna tertarik untuk memainkan game ini; 86% pengguna tertarik untuk mengenal sejarah Ranggalawe; 83,333% pengguna mudah memainkan game ini; 81,333% pengguna nyaman dengan tampilan game; 79,333% pengguna puas dengan game ini.

References

Asmiatun, S., & Putri, A. N. (2017, may 26). Belajar Membuat Game 2D dan 3D Menggunakan Unity. In S. Asmiatun, & A. N. Putri. Yogyakarta: CV Budi Utama. Retrieved from chikhungunya: https://chikhungunya.wordpress.com/2011/05/26/definisi-game-dan-jenis-jenisnya/

Atmojo, W. T., Nurwidya, F. F., & Dazki, E. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIK) , 126 - 134.

Feradhita. (2019, september 26). Pengertian Artificial Intelligence dan Contoh Penerapannya. Retrieved from Logique: https://www.logique.co.id/blog/2019/09/26/pengertian-artificial-intelligence/

Kristiyanti, D. A. (2017). Rancang Bangun Game Side Scrolling Gatotkaca Berbasis Android. Paragdigma, 166-174.

Lumbantobing, A. (2017, januari 25). Raja Jawa Ini Sukses Melawan Invasi Kekuatan Adidaya Asing. Retrieved from Liputan6: https://www.liputan6.com/global/read/2835494/raja-jawa-ini-sukses-melawan-invasi-kekuatan-adidaya-asing

Rahadi, M. R., Satoto, K. I., & Windasari, I. P. (2016). Perancangan Game Math Adventure Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 44-49.

Ramsari, N., & Ramadhan, G. (2018). PEMBUATAN GAME SIDE SCROLLING 2D THE NAILA’S SURVIVAL BERBASIS ANDROID. FIKI |Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 67 - 80.

Sastrawangsa, G., Harsemadi, I. G., & Surya, M. U. (2017). MOBILE GAME 2D SIDE SCROLLING SWARNANGKARA SI PENJAGA HUTAN. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2017, 25 - 30.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Effendy, P. V. J. ., Akbar, R. M. . ., & Sukmaningtiyas , Y. N. . (2023). Pembuatan Game Side Scrolling 2D “Perjuangan Ranggalawe Untuk Kerajaan Majapahit” Berbasis Android. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 2(2), 29–36. https://doi.org/10.36815/submit.v2i2.2405