Analisis Self-Efficacy Pembelajaran Mahasiswa Menggunakan E-learning UPN “VETERAN” Jawa Timur Dengan Model GSCA
DOI:
https://doi.org/10.36815/submit.v3i1.2667Keywords:
efikasi diri, sistem pembelajaran elektronik, GSCA, SEMAbstract
Penelitian ini membahas tentang Analisis Self-Efficacy Mahasiswa menggunakan sistem informasi E-Learning UPN “Veteran” Jawa Timur. Self-Efficacy merupakan teori tentang persepsi seseorang terhadap kemampuannya untuk melakukan suatu tindakan yang diharapkan, Teori ini dikemukakan oleh Albert Bandura. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek dari Self-Efficacy dalam penggunaan E-Learning sebagai media pembelajaran. Kami menggunakan Metode Analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang mana digunakan untuk menguji keterkaitan antara aspek-aspek dalam Self-Efficacy. Hasil yang diperoleh yaitu tiga Hipotesis dan telah diterima. Hipotesis ini menghasilkan hubungan positif dan signifikan antara ke empat variabel dengan penggunaan E-Learning ini. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu Memperbanyak Variabel untuk diuji serta Menambah Sampel Responden, Hal ini bertujuan untuk meningkatkan validitas dan reliabilitas hasil penelitian.
References
Pawirosumarto, S., Katidjan, P. S., & Mulyanto, A. D. (2017). Pengaruh Computer Self-Efficacy Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, dan Dampak Individu. Jurnal MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(2), 1-12.
Khasanah, F., Muyassaroh, N., & Subhi, M.R., (2020). Penerapan Teori Sosial Kognitif Karir pada Bimbingan Karir dalam Upaya Membantu Pengambilan Keputusan Karir. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-8.
Wahyudin, Y., Mubarika, M. P., & Firmansyah, E. (2019). Implementasi E-learning untuk Mengembangkan self efficacy siswa. Jurnal PJME, 9(1), 1-12.
Harahap, P. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dan Kemampuan Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja Guru Man Di Kota Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4(1), 1-10.
Hernawati, D., & Amin, M. (2017). ANALISIS SELF EFFICACY MAHASISWA MELALUI KEMAMPUAN PRESENTASI DI KELAS. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 1-8.
Hamzah, A. (2009). Evaluasi Kesesuaian Model Keperilakuan dalam Penggunaan Teknologi Sistem Informasi di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009), D-15 - D-20.
Ningtiyas, E., Y., Probowulan, D. & Martianan, N. (2019). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Pengguna, dan Kemampuan Pengguna Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PT. PLN (Persero) Area Jember. Jurnal : International Journal of Social Science and Business. 3(4), 501-506.
Sihotang, S. F. & Ramadhani, R. (2021). ANALISIS Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan. 18(1), 47-61.
Sunaryo, Y. & Nuraida, I. (2022). ANALISIS SELF-EFFICACY MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN LINEAR DENGAN PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 53-65.
Do?an ?zzettin (2018). Examination of the Technology Leadership Self-Efficacy Perceptions of Educational Managers in terms of the Self-Efficacy Perceptions of Information Technologies (Malatya Province Case). Jurnal : Participatory Educational Research (PER), 5(2), 51-66.
Firmansyah, D. & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297-324.
Pan Xiaoquan. (2020). Technology Acceptance, Technological Self-Efficacy, and Attitude Toward Technology-Based Self-Directed Learning: Learning Motivation as a Mediator. Jurnal : Frontiers in Psychology, 11(1), 1-11.
Taherdoost, H. (2018). A review of technology acceptance and adoption models and theories. Procedia Manufacturing, 22, 960-967.
Ristianto. A.D. & Fauziah Irma. (2016), Hubungan Profesionalisme, Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Produktivitas Kerja Dosen Menggunakan Metode Generalized Structured Component Analysis (SEM-GSCA), Jurnal “LOG!K@”, 6(2), 112-130.
Latifah, A. & Nugraha, J. (2023). The influence of relevance and computer self-efficacy on students’ behavioral intention in using the digital library, Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 10(1), 92-105.