Game Edukasi Pahlawan Nasional Berbasis Android

Authors

  • Ferdian Ardika Universitas Islam Majapahit
  • Ronny Makhfuddin Akbar Universitas Islam Majapahit
  • Yanuarini Nur Sukmaningtiyas

DOI:

https://doi.org/10.36815/submit.v3i1.2738

Keywords:

game, puzzle, quiz, unity game engine, edukasi

Abstract

Orang tua saat ini banyak yang memperbolehkan anaknya memakai gadget pada keseharian mereka salah satunya untuk kebutuhan sekolah online, dari gadget tersebut anak sekolah jaman sekarang menghabiskan waktu untuk bermain game daripada memanfaatkan waktunya untuk belajar. Saat ini sebagian besar anak-anak tidak mengenal siapa saja pahlawan nasional dan ironisnya mereka lebih mengenal artis yang populer baik dari negara sendiri maupun artis dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan game yaitu Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional berbasis Android dengan menyisipkan unsur edukasi pengenalan latar belakang dan perjuangan para pahlawan nasional yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua. Pembuatan game edukasi pengenalan tokoh pahlawan ini menggunakan Unity Game Engine. Game ini terdapat 2 mode yang berbeda yaitu mode puzzle dan mode quiz dimana pada setiap mode diberi batasan waktu yang berbeda sesuai tingkat kesulitan yang dipilih untuk menyelesaikan game. Perangkat pemodelan yang digunakan adalah use case diagram, activity diagrams dan squence diagrams. Pengujian dilakukan dengan menguji fungsionalitas game pada berbagai perangkat Android yang berbeda, uji coba menu utama, menu pilihan jenis game, menu pilihan wilayah, menu pilihan tokoh pahlawan, menu puzzle, menu quiz, menang dan kalah. Hasil penerapan game pengenalan tokoh pahlawan nasional ini menujukkan bahwa aplikasi game dapat digunakan untuk mengatasi masalah kurangnya pengetahuan anak terhadap pahlawan nasional. Ditinjau dari hasil kuisioner pengujian didapatkan 35 responden dengan hasil presentase yaitu sebesar 90.85% yang termasuk kategori sangat baik.

References

Agustina, R., & Chandra, A. (2017). Analisis Implementasi Game Edukasi “the Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Attaroqie Malang. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 24–31.

Ari Tridhonanto, B. A. (2011). Optimalkan Potensi Anak dengan Game. PT Elex Media Komputindo.

Dewi, A. R., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 471. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.471-480

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudha tulathfal/article/view/1489

Edy Winarno, S. (2015). Membuat Game Android dengan Unity 3D. PT Elex Media Komputindo.

Fitriana, F., & Lanavia, S. (2019). Pengaruh Strategi Penanganan Anak Temper Tantrum Melalui Terapi Permainan Puzzle. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14(2), 236. https://doi.org/10.26630/jkep.v14i2.1314

Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Rakhmawati, R. (2017). GEMPA: Game Edukasi sebagai Media Sosialisasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi bagi Anak Autis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 6(1), 115–120. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/desa in-interior/article/view/2146

Kustandi, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). KENCANA.

Pembelajaran, A., Angka, P., Mandiri, W., Sobari, I. A., & Akbar, F. (2018). Pengujian White Box Dan Black Box pada Perancangan Buah- Buahan , dan Hewan. IV(2), 159–164.

Permata, R. D. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10.

Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH?: Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907

Yudhanto, Y. (2017). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. PT Elex Media Komputindo.

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 65–84

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Ardika, F., Akbar, R. M. ., & Sukmaningtiyas , Y. N. . (2023). Game Edukasi Pahlawan Nasional Berbasis Android. SUBMIT: Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Dan Sains, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.36815/submit.v3i1.2738

Issue

Section

Articles