Hubungan Pengamalan Keagamaan dengan Sikap Adil

Authors

  • Samuri dan M. Syarif

Keywords:

Pengalaman Keagamaan, Sikap Adil, Keadilan, Menegakkan Keadilan, Adil Pada Diri Sendiri, Keadilan Tuhan, Tuhan Maha Adil, Sikap Adil Siswa, Korelasi Rendah

Abstract

Pendidikan agama adalah ruang bagi praktek dan amal perbuatan. Ia, bukan ilmu yang disandarkan pada teori semata mata. Melaluinya, tujuan pendidikan guna membentuk manusia yang beramal ilmiah dan berilmu amaliah diharapkan dapat tercapai. Dan salah satu indikator bagi tercapainya tujuan tersebut adalah hadirnya siswa siswa yang mampu bersikap adil, baik bagi lingkungan sekitarnya, terhadap orang lain, dan terutama terhadap dirinya sendiri. Dalam konteks ini, pengamalan keagamaan di sekolah kerap diandaikan menjadi jembatan bagi tercapainya tujuan tersebut. Dan melalui penelitian ini, penulis ingin membuktikan apakah pengamalan keagamaan di dalam sekolah memiliki korelasi yang signifikan terhadap sikap adil siswa terhadap dirinya sendiri.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Rineka Cipta: Jakarta.
Laby, Mawardi. 2002. Tegakkan Keadilan, Jakarta: Prima.
Frietdman, W. 1996. Teori Dan Filsafat Hukum, Jakarta: Rajawali Pers.
Taufiqi,. 2014. 49 Hari Menjadi Guru Idola, Malang: Pohon Ilmu.
Tafsir, Ahmad. 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zaini, Zahminan. Tth. Hakikat Agama dalam Kehidupan Manusia, Surabaya: Al-Ihlaks

Downloads

Published

2018-02-24

Issue

Section

Articles