Kontribusi Moral Kepemimpinan Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Zainul Mustofa dan Mohammad Ali Rohmad

Keywords:

Moral Kepemimpinan, Organisasi, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar siswa di sekolah salah satunya bergantung pada tingkat moral kepemimpinan siswa anggota organisasi. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan keterkaitan sikap moral kepemimpinan siswa anggota organisasi IPNU– IPPNU terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam. berdasarkan uji linieritas, diketahui bahwa moral kepemimpinan siswa anggota organisasi dan hasil belajar pendidikan agama Islam memiliki hubungan linier. Adapun hasil uji korelasi diketahui menunjukkan terdapat hubungan yang rendah.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: rineka Cipta.
Margono. 1997. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Mudjiono, dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
P Siagian, Sondang. 2015. Teori & Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
PW IPPNU Jawa Tengah, Bunga Rampai Materi Penganggotaan, TOT, LAKUT, LAKMUD, MAKESTA. 4
Ridho, Mujtahidur. 2003. Mengayuh Sampan di Perkampungan Global. Yogyakarta : El-Kuts.
Rohmad, Muhammad Ali The Dynamics Authority of Pesantren, Proceeding of ICP UIN Maliki Malang, 2016.
Santoso, Ananda dan S. Priyanto. 1995. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.
Sarwono, Jonathan. 2013. strategi Melakukan Riset, Yogyakarta:
Sudiana, Nyoman. Interaksi Belajar Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Alfina Primatama.
Sugiyanto. 2010. Metode Penelitihan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Bandung: ALFABETA.
Syah, Muhibbin. 2001. Psikologi Belajar, Jakarta: logos Wacana Ilmu.
Yusuf, Syamsu. 2003. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-02-24

Issue

Section

Articles