Konsep Diri Peserta Didik dan Hubungannya dengan Sikap Disiplin
Keywords:
Konsep Diri, Sikap DisiplinAbstract
Keberhasilan proses pendidikan di sekolah salah satunya bergantung pada tingkat kedisiplinan peserta didik dalam mematuhi peraturan sekolah. Tinggi rendahnya sikap disiplin peserta didik dipengaruhi oleh konsep dirinya. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan keterkaitan sikap disiplin dengan konsep diri. Berdarkan uji linieritas, diketahui bahwa konsep diri dan sikap disiplin memiliki hubungan linier. Adapun hasil uji korelasi diketahui menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan, tetapi rendah atau hampir tidak ada korelasi.
References
Departemen Agama RI, 2009. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Surabaya: Fajar Mulya.
Daradjat, Zakiah. (1970). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta. PenerbitBulan Bintang.
Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita S, 2010. Teori-teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hajar, Ibnu. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.
Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.
123
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
YaqinA. (2011). Efektivitas Pembelajaran Afeksi di Madrasah/Sekolah. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 190-202. https://doi.org/10.15642/islamica.2011.6.1.190-202.
Downloads
Published
Issue
Section
License
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.