INTERAKSI EKO-HUMANISME DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF PERSPEKTIF ISLAM
Keywords:
Interaksi eko-humanisme, pendidikan inklusif, perspektif IslamAbstract
Dalam Islam, sikap eksklusif terhadap sesama sangatlah dihindari Pendidikan
inklusif yang notabene memberikan pendidikan pada penyandang disabilitas
ternyata masih dipahami sempit dan terbatas pada bangku sekolah. Seharusnya
pendidikan inklusif tidak saja berhenti pada ruang sekolah, tetapi juga pada
lingkungan masyarakat sebagai bentuk sikap inklusif. Penelitian ini merupakan
kajian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tekstual dan fenomenologi.
Pendidikan inklusif sebagai keterbukaan dalam menerima beragam latar antar
sesama manusia menjadi hal yang harus diwujudkan untuk mencapai interaksi
eko-humanisme.
References
Hasan Baharun, Robiatul Awwaliyah. 2018. Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif Epistemologi Islam, Jurnal Model Jurnal Program Studi PGMI. Volume 5, Nomor 1, Maret 2018
Reno Fernandes .2017. Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research And Education Vol. 4, No.2
Nissa Tarnoto. Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd . HUMANITAS Vol. 13 No. 1
Syafrida Elisa
Aryani Tri Wrastari. Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan 2Vol. 2, No. 01, Februari
Syariati. Ali. 1996. Humanisme: Antara Islam dan Madzhab Barat. Bandung: Pustaka Hidayah
Downloads
Published
Versions
- 2021-05-21 (2)
- 2021-05-21 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Nur Laely Siti Nur Laely, Tutuk Ningsih Tutuk Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.