Paradigma Filosofis Pendidikan Islam

Authors

  • Saifuddin Zuhry

Keywords:

Paradigma Filosofis, Pendidikan Islam, Filsafat Pendidikan Islam

Abstract

Perkembangan seseorang dalam pendidikan dipengaruhi oleh tiga     hal.     Pertama   nativisme, bahwa  seseorang  sangat dipengaruhi  oleh  faktor pembawaan    dari   lahir. Kedua empirisme, yang  menyimpulkan     bahwa     perkembangan seseorang ditentukan  oleh faktor   lingkungan.  Ketiga konvergensi, yang merupakan kombinasi antara nativisme dan empirisme. Pendidikan Islam dekat dengan aliran konvergensi yang memadukan antara bakat bawaan (fitrah) dan faktor lingkungan (pendidikan). Fitrah yang terdapat dalam pembawaan manusia adalah yang diciptakan  Allah  pada manusia yang berkaitan dengan jasmani dan akal serta ruhnya. Atas dasar itu, sistem pendidikan harus dibangun atas dasar integrasi antara pendidikan Qolbiyah dan Aqliyah yang dilandaskan pada sumber utama ajaran Islam yaitu at-Qur'an dan Hadis. Jika kedua hal ini terpisah, maka pendidikan Islam akan kehilangan keseimbangannya dan gagal mewujudkan cita- cita manusia sempurna (insan kamil).

 

 

Downloads

Published

2017-11-23

Issue

Section

Articles