Strategi Membangun Kepercayaan Masyarakat pada Pendidikan Dasar Islam

Authors

  • Mahmud Sani

Keywords:

Strategi, Kepercayaan MAsyarakat, Pendidikan Dasar Islam

Abstract

Pendidikan dasar Islam (madrasah) yang dirintis oleh Para Wali dalam paparan hitoris terlihat sebagai pendidikan yang konservatif dan jauh dari sentuhan-sentuhan kemajuan. Kondisi tersebut secara alamiah membangun image bahwa pendidikan dasar Islam identik dengan pendidikan yang terbelakang (marginal) yang hanya dikonsumsi oleh rakyat kecil (grassroot). Kondisi demikian, menjadikan Lembaga Pendidikan Dasar Islam tidak dipercaya oleh masyarakat. Strategi membangun kepercayaan masyarakat pada pendidikan dasar Islam dapat dilakukan, antara lain: a) Kejujuran, b) Kualitas pelayanan yang baik, c) Pemimpin yang dipercaya masyarakat, d) Pengembangan sumber daya manusia, dan e) Pameran pendidikan.

References

Al-Math, Muhammad Faiz. 1994. 1100 Hadits Terplih: Sinar Ajaran Muhammad, terj. A. Aziz Salim Basyarahil. Dari judul Asli Qabasun Min Nuri Muhammad. Jakarta: Gema Insani Press.
Anggoro, M. Linggar. 2001. Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Bawani, Imam, 1987. Segi-Segi Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas,.
Dirjen Pendis. 2006.Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Dirjen Pendis Departemen Agama RI.
Djumhur dan Danasaputra, tt.Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: Ilmu.
Hafidudin, Didin dan Hendri Tanjung.2003. Manajemen Syari’ah Dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Indrafahrudi, Soekarto. 1994. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat. Malang: IKIP Malang.
Kasmir.2011. Etika Customer Service.Jakarta: Raja Grafindo Perssada.
Kusumatuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lembaga Administrasi Negara RI. 2006. Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jakarta: LAN RI.
Mulyati, Deti. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Aparatur Eselon III Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Individu.Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2012, hal.46.
Mustofa, Ahmad dan Abdullah Ali. 1997. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Nata, Abuddin. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kenacana Predana Media Group.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ratmino dan Atij Septi Winarsih. 2009. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas Konsepsi dan Komunikasi Konsepsidan Aplikasi. Jakarta: Grafindo Persada.
Sergiovanni, Thomas J. 1984. “Leadership and Excellent Scholling”.Educational Leadership, February, 1984, Volume 41, No. 5. Hal.6 dalam http://uharsputra.wordpress.com.
Siagian, Sondang P. 1995. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Toruan, Rayendra L. 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Yaqien, Nurul. 2010. “Membangun Kepercayaan Masyarakat Pada Madrasah Melalui Pameran Pendidikan”, dalam jurnal Madrasah, Volume 11, Nomor 2, Januari-Juni 2010, hal. 194.
Yustiono, Eris. 2012. “Pengembangan SDM”. Makalah.http://www.stialan bandung.ac.id.

Downloads

Published

2018-02-05

Issue

Section

Articles