Strategi Pengembangan Kurikulum yang Relevan dengan Pangsa Pasar Kerja
Keywords:
Strategi, Pengembangan Kurikulum, Pangsa Pasar, PendidikanAbstract
Tulisan ini memberikan uraian analisis terhadap kurikulum pendidikan Indonesia yang hingga saat ini masih juga belum mampu memecahkan problema ilmu pengetahuan yang diajarkan di lembaga pendidikan dengan kebutuhan pasar terkait tenaga kerja. Ia mencoba menawarkan alternatif terhadap beberapa hal yang paling diperlukan bagi peningkatan mutu lulusan lembaga pendidikan terutama dari aspek meningkatkan manajemen peserta didik, meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan pasar dan optimalisasi peran stake holder dalam dunia kerja agar bias bersinergi dengan usaha usaha pendidikaan di Indonesia.
References
Badan Pusat Statistik, Berita Remi Berita Resmi Statistik Tentang Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2014 no. 38/05/th. xvii, 5 mei 2014. www.bps.go.id.
Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum (Jakarta: Reineka Cipta, 2010)
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa. Jakarta, 2000
Doddy Rosady, Sepenggal Kisah Kehidupan Menteri yang Eksentrik. www.suara.com: 29 Oktober 2014.
Faridah Alawiyah, Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Dalam Jurnal “Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu-Isu Terkiniâ€. Vol. VI, No. 15-I/Agustus/2014. (Jakarta : Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI, 20014
Harsono, Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi, makalah dipresentasikan pada lokakarya kurikulum Universitas Negeri Semarang, 20-21 September 2006, direvisi tanggal 2 Februari 2007.
Imam Bawani, Kebijakan Pendidikan di Era Globalisasi; Perpsektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Tadzkirah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, Volume 5 Tahun 5 Agustus 2010
Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 78. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2003.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi (Jakarta: PT Raja Grafino Persada, 2005)
Muhammad Anwar (tt.), Pengembangan Kurikulum dari Materi Pelajaran Kepengalaman Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (IPTK) dan Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI).
Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam; Strategi Baru Pengelolaan Pendidikan Islam (Jakarta : Erlangga, 2007)
Murni Eva Marlina, Kurikulum 2013 yang Berkarakter, Jurnal Program Studi Pendidikan Antropologi, FIS – UNIMED “JUPIISâ€, Volume 5 Nomor 2, Desember 2013
Murni Eva Marlina, Kurikulum 2013 yang Berkarakter, Jurnal Program Studi Pendidikan Antropologi, FIS – UNIMED “JUPIISâ€, Volume 5 Nomor 2, Desember 2013
Nana Syodih Sukamadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005)
Sariono, Kurikulum 2013: Kurikulum Generasi Emas. E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 3 Tahun 2014.
Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah; dari Unit Birokrsi ke Lembaga Akademik (Jakarta: Bumi Aksara, 1997)
Tutang, Penghasilan Tenaga IT. www.ristek.go.id. 14 mei 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
All rights reserved.
this publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording. Consequently, form this copyright notice, the author(s) have copyright for this publication.